Pengakuan Pelatih Arema FC Usai Timnya Diterkam Persebaya Surabaya

Pelatih Arema FC, Fernando Valente
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

Surabaya – Arema FC harus pulang dengan menundukkan kepala setelah diterkam Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan Liga 1 di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 23 Setember 2023. 

Sesuai Rencana, VAR Diterapkan di Championship Series Liga 1 2023/24

Tentu saja kekalahan ini membuat pelatih Arema FC, Jose Fernando Martins Valente, harus menelan kekecewaan. "Kami akui ada masalah di pertahanan tim di babak pertama," katanya usai pertandingan.

Valente menuturkan, pertahanan yang buruk pada tim yang diasuhnya sejak babak pertama membuat permainan Singo Edan payah secara keseluruhan. Toh demikian, Valente mengatakan bahwa itu akan menjadi pelajaran berarti untuk laga-laga selanjutnya.

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series

"Sepanjang minggu ini, kami mencoba mengganti pemain yang cedera dengan pemain yang kemampuan setara untuk menciptakan pertahanan yang kuat, tapi inilah yang terjadi," ujar Valente.

Pelatih Arema FC Fernando Valente

Photo :
  • VIVA/Uki Rama
Ditunjuk Jadi Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro: Seperti Kembali ke Rumah

Kendati begitu, Valente menilai pemain belakang timnya cukup bagus saat merumput melawan Persebaya. Cuma memang ada yang masih bolong sehingga kesalahan-kesalahan yang terjadi perlu dibenahi. 

Akibatnya, organisasi tim amburadul dan pertahanan jebol. Gol pun dengan mudah dilesatkan lawan. "Gol ke gawang kami juga lebih banyak dari bola servis, karena pertahanan kami yang kurang bagus," ungkap pelatih asal Portugal itu.

Dari pengalaman meladeni Persebaya tadi, Valente mengaku pihaknya akan belajar dan memperbaiki tim bagaimana membangun pertahanan yang kokoh. "Kami akan berusaha menciptakan konsistensi dalam semua lini, termasuk lini belakang yang kurang bagus tadi. Kami akan koreksi di sesi latihan," tandas Valente.

Seperti diketahui, pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC pada Sabtu tadi berakhir dengan skor 3-1 untuk Persebaya. Tim Bajul Ijo sudah mampu melesatkan dua gol ke gawang Arema FC pada babak pertama.

Adalah Bruno Moreira yang pertama kali menyarangkan bola ke gawang Arema FC pada menit ke-27. Menjelang turun minum, giliran Dejan Setfanovic yang menggetarkan gawang Arema FC pada menit 45 + 5. 

Pada babak kedua, gol ketiga dilesatkan Persebaya oleh Ze Valente, anak dari pelatih Arema FC, Fernando Valente. Arema FC berhasil menorehkan gol hiburan oleh sepakan Dedik Setiawan pada Menit 65. Skor 3-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya