Jepang Bikin Raja Asia Tenggara Jadi 'Ayam Geprek', Gimana Nasib Timnas Indonesia?

Duel Timnas Jepang vs Thailand
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

Tokyo – Timnas Jepang memberikan sinyal bahaya kepada seluruh lawan di Piala Asia 2023 termasuk Timnas Indonesia. Betapa tidak, Timnas Thailand yang berstatus sebagai raja Asia Tenggara dibuat menjadi ayam geprek oleh Jepang.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Di Piala AFF, Thailand tak terbendung. Mereka merupakan raja Asia Tenggara dengan tujuh gelar, unggul jauh dari pesaing terdekat Singapura dengan empat gelar. Namun, catatan itu seperti tak ada apa-apanya di hadapan Jepang.

Jepang yang menurunkan sebagian pemain pelapis sukses menang telak. Tim besutan Hajime Moriyasu menghajar Thailand lima gol tanpa balas di Japan National Stadium, Tokyo, Senin 1 Januari 2024.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Ao Tanaka membuka keunggulan Jepang di menit 50. Disusul Keito Nakamura (72'), bunuh diri Elias Dolah (74'), Takumu Kawamura (82') dan Takumi Minamino (90'+2).

Jepang tak mau main-main di Piala Asia kali ini. Target juara menjadi sesuatu yang tak bisa ditawar, apalagi dalam dua edisi terakhir Piala Asia, Jepang gagal menjadi juara.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Pemain Timnas Jepang

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

Di Piala Asia 2015, Jepang kalah dari Uni Emirat Arab lewat adu penalti di perempatfinal. Sedangkan di Piala Asia 2019, mereka cuma bisa menjadi runner-up, usai dikalahkan Qatar 1-3 di partai final.

“Satu hal yang tidak berubah dari yang terakhir adalah kami akan menghadapi setiap pertandingan dan bersiap sebaik mungkin, seperti yang selalu kami lakukan,” katan Moriyasu.

“Hal yang berubah adalah kami merasa frustrasi karena tidak menang (di Piala Asia) terakhir," lanjutnya.

Jepang ingin mengembalikan harga diri sebagai raja Asia. Mereka merupakan pengoleksi gelar Piala Asia terbanyak dengan empat gelar. Pesaing terdekat Jepang adalah Arab Saudi dan Iran yang sama-sama mengumpulkan tiga gelar.

Di Piala Asia 2023, Jepang tergabung di Grup D. Samurai Blue bersaing dengan Irak, Vietnam dan Indonesia.

Jepang tampil menakutkan jelang Piala Asia. Mereka mampu menyapu bersih sembilan laga terakhir dengan kemenangan. Bahkan, dalam empat laga terakhir Jepang mencetak 17 gol tanpa sekalipun kebobolan.

Kira-kira gimana nasib Timnas Indonesia nanti ya? Semoga kita bisa memberi perlawanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya