Proses Registrasi Kongres PSSI Sempat Ricuh

Nurdin Halid (kiri) dan Nugraha Besoes di Kongres PSSI
Sumber :
  • ANTRA/Edoardo

VIVAnews - Proses registrasi Kongres PSSI untuk pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding (KB) berlangsung ricuh. Kericuhan bermula saat perwakilan dari klub Persigo Gorontalo namanya tidak terdaftar dalam buku registrasi, Sabtu, 26 Maret 2011.

Pantauan VIVAnews, saat terjadi kericuhan pintu ruang registrasi langsung ditutup untuk wartawan. Para awak media itu hanya mendengar kericuhan sesaat sebelum pintu ruang registrasi ditutup.

Tidak diketahui jelas nama perwakilan dari Persigo. Perwakilan klub dari Gorontalo itu diketahui pernah diundang oleh PSSI saat Kongres yang berlangsung di Bali pada Januari lalu.

Tidak hanya Persigo yang tidak bisa melakukan registrasi, ada empat klub lain seperti Persipuja Puncak Jaya, Gestra (Gresik Putra), Persikab Bandung dan PSPS Pekanbaru juga tidak terdaftar namanya dalam buku registrasi.

"Nama kami hanya belum terdaftar. Kami juga belum mendapatkan undangan. Mungkin ada permasalahan saat mencetak undangan," kata Dityo Pramono, yang mengaku mewakili PSPS Pekanbaru. Dityo juga saat ini menjadi CEO Medan FC, klub yang bermain di Liga Primer Indonesia (LPI).

Sebelum terjadi kericuhan, ruang registrasi masih terbuka lebar dan masih bisa dilihat oleh media. Dalam ruangan itu terlihat jelas ada empat meja untuk registrasi para peserta. Meja pertama tertulis kertas untuk Liga amatir, meja kedua untuk liga profesional, meja ketiga untuk Pengurus PSSI dan keempat untuk pengurus provinsi.

Peserta Mulai Berdatangan

Menjelang berlangsungnya Kongres PSSI, para peserta sudah mulai terlihat berdatangan di Hotel Premiere, Pekanbaru, Riau. Hingga saat ini sudah hampir 50 persen yang hadir.

Wakil dari Pengprov Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, sudah meninggalkan ruang registrasi. Pengprov NAD diwakili oleh Ketua Umumnya Zainuddin Hamid.

"Kita berharap semua berjalan lancar," kata Zainuddin yang mengaku belum menentukan pilihan soal Bakal Calon anggota KP dan KB.

Dari perwakilan klub juga sudah mulai bermunculan. Di antaranya dari Sriwijaya FC yang diwakili Presidennya, Dodi Reza.

Proses registrasi dimulai sejak pukul 09.00-17.00 WIB di Hotel Premiere. Selanjutnya akan dilakukan penyusunan draft Bakal Calon (Balon) anggota KP dan KB. Nantinya akan terpilih tujuh anggota KP dan lima anggota KB.

Awalnya, dijanjikan oleh Sekjen PSSI Nugraha Besoes akan dilakukan pemaparan Peraturan Organisasi (PO). Namun, hingga siang ini rencana pemaparan itu juga tak kunjung terlaksana.

Suasana registrasi sendiri berlangsung di bawah penjagaan ketat 405 anggota Kepolisian Riau. Pasalnya, Hotel Premiere sebagai venue Kongres 'disambut' pendemo di pintu utama. Pendemo yang menggunakan jersey Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, dan Arema Indonesia menyanyikan yel-yel anti PSSI dan revolusi PSSI. (umi)

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024