Pengurus PSSI - Rijsbergen Tidak Satu Suara

Wim Rijsbergen
Sumber :
  • Tehran Times

VIVAnews - Pengurus PSSI tidak satu suara dengan pelatih Wim Rijsbergen soal siapa pemain baru yang akan dipanggil memperkuat Skuad Merah Putih. Hanya beberapa jam setelah koordinator timnas, Bob Hippy, memastikan tidak akan memanggil pemain baru jelang babak III Pra Piala Dunia (PPD) 2014, Rijsbergen justru berkata lain.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews, Senin, 1 Agustus 2011, disebutkan bahwa Rijsbergen akan memanggil empat pemain baru untuk bergabung dalam pelatnas timnas senior mulai 4 Agustus 2011. Mereka adalah Ian Kabes (Persipura), I Made Wirawan (Persiba), Hariono (Persib), dan Amrizal (Persija).

Dari keempat nama ini, hanya I Made Wirawan yang masuk dalam 44 pemain yang telah didaftarkan ke AFC sebelumnya, sedangkan tiga lainnya tergolong pemain baru yang belum terdaftar di AFC.

Keempat pemain ini akan bergabung dengan 26 pemain yang sebelumnya dipanggil mengikuti pelatnas jelang babak kedua Pra Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan. Selain pemain, komposisi tim pelatih juga dipastikan akan mengalami perubahan. 

Setelah asisten pelatih Rahmad Darmawan dikembalikan ke Timnas U-23, PSSI memutuskan untuk memanggil Liestiadi. Pria asal Medan, Sumatera Utara itu, merupakan asisten Rijsbergen saat masih menangani tim PSM Makassar. Selain Liestiadi, PSSI juga akan mendatangkan pelatih kiper dan fisik dari Eropa.

"Saat ini permasalahan utama yang diperlukan para pemain adalah menggenjot daya tahan atau fisik pemain yang masih di bawah standar. Karena itu, dibutuhkan pelatih fisik khusus yang nantinya akan membantu pemain untuk memperbaiki VO2MAX mereka.” ujar Rijsbergen.

Sebelumnya Koordinator Timnas, Bob Hippy, justru berkata lain. Menurutnya PSSI tidak akan memanggil pemain baru jelang babak ketiga PPD 2014 Zona Asia. "Saya kira susah untuk menambah yang baru," kata Bob kepada wartawan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2011.

"Prioritas pada 44 pemain yang sudah dipanggil. Walaupun sebenarnya secara regulasi diperbolehkan, tapi kalau kita memanggil pemain baru, susah untuk menyesuaikan dengan pemain yang sudah berlatih," jelas Bob.

Sementara itu, General Manager Tim Nasional, Arya Abhiseka, mengatakan sebelum bertemu Iran di laga perdana babak ketiga PPD 2014 grup E Zona Asia, Indonesia akan melalui serangkaian uji coba. Namun Arya belum bisa memastikan negara apa saya yang akan menjadi lawan Tim Merah Putih.

"Untuk nama-nama tim belum dapat dirilis, yang jelas setidaknya kami akan mengupayakan tiga kali laga uji coba di bulan Agustus nanti. Dua di antara lawan-lawannya sedang diusahakan berasal dari Timur-Tengah, karena karakternya sama dengan tiga tim kompetitor kita di laga PPD Zona Asia nanti.”

Keterangan Arya juga berseberangan dengan Bob Hippy. Sebelumnya Bob mengatakan kalau timnas tidak mungkin menjajal kekuata tim-tim asal Timur Tengah. Pasalnya, perjalanan menuju ke sana cukup memakan waktu.

Sebagai gantinya, PSSI akan menjadwalkan uji coba lawan Malaysia. Selain itu, PSSI juga sedang mengupayakan uji coba lawan tim Australia. "Saat ini masih dijajaki untuk melawan Australia. Karena meski Australia lolos, tapi beda grup dengan kami," kata Bob.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024