Manajer Persib Pertanyakan Pernyataan Sihar

Umuh Muchtar (kiri) dan Markus Horison
Sumber :
  • Yadi/VIVAnews

VIVAnews – Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mempertanyakan pernyataan Koordinator Bidang Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus yang menyebut baru tujuh klub Indonesia Super League (ISL) yang sudah berbadan hukum.

Umuh mempertanyakan dasar dan alasan Sihar yang tak memasukan Maung Bandung dalam daftar klub yang sudah berbadan hukum. Sebab sejak 2009 lalu, Persib sudah berbentuk badan hukum dan pengelolaannya berada dibawah naungan PT PBB yang dalam dua musim terakhir sukses menggalang dana segar hingga mencapai angka sekitar Rp25 miliar dari sponsorship.

“Dasarnya apa ? Persib sendiri kan sudah sejak 2009 lalu sudah berbadan hukum,” terang Umuh saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu malam 3 Agustus 2011.

Sihar memang tak menyebut nama Persib, di mata sosok yang juga tercatat sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut, hanya  Bontang FC, Persiwa Wamena, Arema FC, Persijap Jepara, Sriwijaya FC, PSPS dan Pelita Jaya Karawang yang dinilai sudah berbadan hukum.

“Sepertinya harus dikaji ulang kembali mana saja klub yang memang sudah berbadan hukum atau profesional dan tidak. Kalau Persib disebut belum berbadan hukum saya kira penilaian tersebut salah,” ujar Umuh.

Seperti diberitakan VIVAnews.com Sihar menjelaskan, status badan hukum sebuah klub merupakan satu dari lima aspek profesional yang harus dipenuhi oleh klub yang akan berlaga di liga profesional pada musim depan. Kelima aspek itu meliputi, aspek sporting, legal, keuangan, infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM).

Ketentuan klub sebagai badan hukum menurut Sihar juga sudah mulai disosialisasikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun menurut Sihar, hingga saat ini baru 7 klub yang sudah mendapat pengesahaan dari Menkumham.

Seluruhnya adalah klub ISL, yakni Bontang FC, Persijap, Arema, Pelita, PSPS, Sriwijaya FC, dan Persiwa. Sedangkan beberapa klub ISL lainnya masih sedang dalam proses menuju badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Sementara itu, terkait jadwal kompetisi yang rencananya digelar pertengahan Oktober nanti. Umuh menyatakan dari beberapa sisi, Maung Bandung sudah cukup siap berkompetisi.

“Tapi kita pun harus menunggu dan menghormati klub lain yang secara administrasi mungkin belum melengkapi. Termasuk kesiapan menyerahkan dana deposito sebesar Rp5 miliar kepada PSSI,” tandas Umuh.

Laporan: Yadi/Bandung

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024