PSSI Berjanji Akan Perhatikan Program IFA

Anak bermain sepakbola
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - PSSI berjanji akan memperhatikan program Indonesia Football Academy (IFA) yang dikabarkan sedang terbengkalai. Program ini sempat menjadi kebangaan pengurus sebelumnya dalam proses pembinaan usia dini.

IFA merupakan program pembinaan usia dini dengan standar kualitas high level. Namun sejak pergantian pengurus PSSI, kelanjutan program yang diikuti oleh anak-anak berusia 13-16 tahun ini kabarnya semakin tidak jelas.

Pengurus baru PSSI mengaku belum menerima laporan resmi mengenai kelanjutan IFA dari pengurus sebelumnya. Mengenai situasi yang berkembang belakangan ini, PSSI mengaku mendapatkannya dari laporan orang tua peserta IFA. 

Dalam rilisnya kepada wartawan, PSSI menyatakan, persoalan yang mengemuka berupa pertanyaan tentang kelanjutan program IFA ke depan dan kelanjutan pendidikan peserta program. Banyak yang menuntut agar janji untuk mendapat pelatihan pelatihan sepakbola kelas satu dengan dukungan pendidikan akademik serta asupan nutrisi dan gizi yang tinggi dipenuhi oleh pengelola program.

Sebanyak 35 siswa yang terdaftar di IFA sampai saat ini juga belum mendapat sekolah. Padahal kegiatan belajar-mengajar sudah berjalan cukup lama. Melihat kondisi seperti ini, PSSI pun berjanji akan memperhatikan IFA.

"Ini merupakan tanggungjawab PSSI sepenuhnya. Kami ingin menyelamatkan pendidikan akademik mereka yang terbengkalai karena ini menyangkut masa depan mereka. Kalaupun ada konsekuensi biaya, kami akan  mencarikan solusinya dan ini sudah menjadi komitmen kami,” kata Sekjen PSSI, Tri Goestoro di sekretariat PSSI, Senayan, Selasa 9 Agustus 2011.

Sebagai langkah awal yang akan ditempuh, PSSI akan mengundang Direktur IFA Iman Arief untuk memberikan klarifikasi atas masalah yang dialami para siswa tersebut. Selanjutnya PSSI akan membicarakan langkah ke depannya.

"Kami juga akan melakukan koordinasi dengan Menpora agar program ini bisa ditangani langsung oleh PSSI,” ungkap Tri Goestoro.

Terkait program IFA sendiri, PSSI akan segera melakukan evaluasi secara komperehensif. Termasuk mendengar langsung dari pelatih Kevin Kent, tentang kelanjutan program. Yang jelas, komitmen PSSI, dalam hal ini pengurus yang baru saja terbentuk, ialah memberikan upaya dan solusi semaksimal mungkin terhadap masalah  ini agar ada kepastian nasib para peserta.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024