Asosiasi Pemain Ajukan 3 Tuntutan Kepada PSSI

Ponaryo Astaman
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI) melayangkan tiga tuntutan kepada Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI). Tuntutan ini disampaikan menyikapi larangan PSSI terhadap para pemain yang merumput di ISL untuk memperkuat timnas Indonesia.

Presiden APPI, Ponaryo Astaman menegaskan bahwa larangan PSSI itu meresahkan dan merugikan para pemain karena dilanda ketidakpastian dalam bermain. Harapan pemain yang ingin memperkuat timnas pun harus pupus karena perbuatan yang tidak dilakukan oleh pemain.

Itu sebabnya para pemain sepakbola ini melayangkan tiga tuntutan terhadap PSSI. Tuntutan ini telah disampaikan dalam pertemuan bersama antara APPI dengan Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 13 Desember 2011.

"Kami menilai masih ada celah yang dapat dilakukan PSSI untuk memanggil pemain di luar kompetisi IPL. Kami pun telah mengajukan tiga poin usulan kepada PSSI," ujar Ponaryo Astaman dalam jumpa pers.

Pertama, pelatih timnas diberikan kebebasan untuk memilih pemain terbaik yang akan dipanggil ke tim nasional. Tanpa harus melakukan pengkotakan antara pemain ISL dan IPL.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Kedua, nama pemain di luar kompetisi IPL yang diseleksi pelatih timnas selanjutnya dimasukkan dalam surat permohonan khusus kepada FIFA dengan alasan yang tepat untuk dapat memperkuat timnas agar mendapat persetujuan dari FIFA.

"Hal ini sesuai dengan Statuta FIFA Pasal 79 yang menyatakan bahwa tanpa persetujuan FIFA, pemain atau klub dalam naungan federasi yang diakui FIFA tidak diizinkan untuk menjalin hubungan olahraga dengan pemain yang tidak berada dalam naungan federasi," papar Ponaryo.

Ketiga, PSSI dapat mengumumkan dan memberikan salinan keputusan dari FIFA kepada APPI. "Sehingga APPI dapat menjelaskan kepada para pemain apapun keputusan yang diberikan oleh FIFA," ujar Ponaryo

"Dan dalam pertemuan tadi, Ketua Umum PSSI berjanji akan melaksanakan usulan yang telah kami sampaikan," pungkas Ponaryo.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016