Sanksi Tiga Klub Papua Diputuskan Hari Ini

Penyerang Persipura, Lukas Welem Mandowen
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Nasib Persipura Jayapura, Persidafon Dafonsoro, dan Persiwa Wamena akan diputuskan malam ini, Jumat, 16 Desember 2011. Trio Papua itu terancam sanksi dari Komdis PSSI karena tampil di Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12.

"Hari ini Komdis bersidang membicarakan tiga klub asal Papua. Hasilnya tunggu nanti sore atau malam. Sidang hari ini sebetulnya tinggal memutuskan. Karena soal sanksi telah dibicarakan dalam sidang sebelumnya," kata Wakil Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Catur Agus Saptono siang tadi.

"Apakah akan lebih berat, kami belum bisa sampaikan sekarang. Ada kemungkinan seperti hukuman yang telah diberikan kepada klub-klub sebelumnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Komdis telah menghukum delapan klub yang dianggap mengundurkan diri dari kompetisi IPL. Delapan klub tersebut lebih memilih berkompetisi di ajang ISL di bawah penyelenggara PT Liga Indonesia. Delapan klub tersebut adalah Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, PSPS Pekanbaru, Deltras Sidoarjo, Pelita Jaya, dan Persib Bandung.

Menurut Catur, tiga klub asal Papua itu terancam mendapat sanksi sama seperti delapan klub lainnya. Selain terjerat pasal 57 ayat 1 dan 2, mereka juga dikenai junto pasal 32 dan pasal 23. Hukuman yang menanti tiga klub tersebut terbilang sangat berat. Selain diiskualifikasi dari kompetisi liga indonesia musim 2011-2012 (IPL), sanksi lain adalah terlempar ke Divisi Utama musim 2012-2012.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Sementara untuk denda, tiga klub asal Papua tersebut terancam wajib menyerahkan denda minimal Rp 500 juta rupiah. Tak hanya itu, mereka juga dilarang melakukan kegiatan transfer pemain asing dan beraktifitas di TMS (Transfer Mathing Machine) untuk musim 2011-12.

Pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan (kanan)

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

BSU kalah lewat gol telat Boaz Solossa.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016