Pro Duta Optimistis Lolos ke Liga Unifikasi

Pemain Pro Duta, Girts Karlsons (tengah)
Sumber :
  • Antara/Andreas Fitri Atmoko

VIVAbola - Tampil sebagai juara grup K playoff IPL, Pro Duta optimistis bisa mengikuti unifikasi Liga Indonesia musim depan. Sikap ini  disampaikan oleh media officer Pro Duta, Handoyo Subosito.

Sebagai pemuncak klasemen Grup K, Pro Duta memang tidak otomatis menjadi peserta liga unifikasi musim depan. Namun, klub asal Medan itu harus menjalani tahapan verifikasi yang ditetapkan PSSI. Nantinya, hanya 4 tim yang berhak lolos ke liga tertinggi Indonesia. 

"Kami optimistis bisa lolos verifikasi dan bermain di unifikasi liga musim depan. Kami telah memenuhi syarat verifikasi yang telah diajukan AFC. Terbukti, pada 2011 lalu kami bisa memenuhi syarat dari AFC dan bermain di IPL," kata Handoyo saat dihubungi, Jumat, 25 Oktober 2013. 

CAS Nilai Pro Duta Tak Layak Tampil di ISL

Meski demikian, Handoyo masih menyimpan sedikit kekhawatiran terkait standar 5 aspek verifikasi yang akan digunakan PSSI. "Kami belum tahu apakah syarat klub profesional dari AFC merupakan dasar bagi PSSI dalam melakukan verifikasi. Kalau kami tidak lolos verifikasi dan berhasil juara IPL, biar masyarakat yang menilai."

Sementara itu, Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigorshalom Boboy, mengatakan, ada lima aspek yang akan menjadi dasar verifikasi bagi tim-tim yang akan berlaga di liga unifikasi musim depan. Namun, aspek yang paling berat adalah finansial dan infrastruktur klub.

"Itu dua aspek terberat dari lima aspek bagi tim untuk bisa lolos verifikasi," kata Tigor kepada VIVAbola, Jumat, 25 Oktober 2013. (one)

Sihar Sitorus, Ketua Komite Kompetisi PSSI

Pro Duta Tidak Berminat Ikut Kompetisi Tim Transisi

Ada tiga faktor. Salah satunya, ketidakjelasan otoritas sepakbola.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2016