Lessa Terancam Batal Dampingi Persipura di AFC Cup 2015

Osvaldo Lessa
Sumber :
  • Dyah Pitaloka/VIVAbola (10/2)
VIVA.co.id
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura
- Persipura Jayapura menemui kendala jelang berlaga di pentas AFC Cup 2015. Lisensi dari pelatih mereka, Osvaldo Lessa Filho, ternyata belum diakui oleh pihak AFC.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Osvaldo diketahui mengambil lisensi kepelatihan di Brasil. Dan umumnya, lisensi kepelatihan yang dikeluarkan Federasi Sepakbola Brasil (CBF) tak memiliki grade seperti di AFC.

Selain itu, spesialisasi Lessa bukanlah di pelatih teknis (kepala), melainkan fisik. Sesuai aturan, AFC mengharuskan setiap pelatih yang akan mendampingi timnya berlaga di AFC Cup minimal harus mengantongi lisensi B, AFC atau yang dianggap setara dengan itu.

"Kami sudah menghubungi PSSI, berkirim surat juga ke AFC. Tujuannya, kami ingin mengajukan penyetaraan lisensi dari Lessa. Memang lisensinya lebih ke pelatih fisik. Tapi, Lessa juga pernah mengambil lisensi pelatih teknis (kepala)," kata Sekretaris Persipura, Rocky Bebena, ketika dihubungi VIVA.co.id, Selasa 10 Februari 2015 sore.

Hingga sekarang, pihak Persipura belum mendapatkan jawaban terkait status Lessa. Namun, Rocky berharap permohonan penyetaraan lisensi kepelatihan pria asal Brasil itu bisa dikabulkan AFC. "Ya, berharap begitu. Saya belum mau bicara kalau tidak dikabulkan akan mengambil langkah seperti apa," ujar Rocky.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, mengaku sudah menerima surat dari Persipura. PSSI pun sudah meneruskan permohonan Mutiara Hitam ke AFC.

Sebenarnya kasus seperti ini pernah dialami Persipura saat masih ditangani Jacksen F Tiago. Pada 2010, Persipura harus tampil di Liga Champions Asia karena berstatus sebagai juara Liga Super Indonesia (ISL).

Lisensi kepelatihan Jacksen pun sempat dipertanyakan karena dikeluarkan oleh CBF, yang notabenenya tak menyertakan grade di dalamnya. Namun, pihak AFC akhirnya mengakui lisensi Jacksen.

"Pernah terjadi saat Persipura ditangani Jacksen. Gambarannya, Jacksen saja bisa diterima, mudah-mudahan Lessa juga demikian. Namun, ada peluang juga untuk ditolak," tutur Joko.

Persipura tergabung ke dalam Grup E di AFC Cup musim ini bersama Bengaluru, Warriors FC dan pemenang play-off zona timur. Boaz Solossa cs akan menghadapi Warriors FC pada laga pembuka yang digelar di Singapura, 24 Februari 2015. (art)

Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa

Baca juga:

Kekasih Anyar Ronaldo Ternyata Pendukung Barcelona

Pemain Ini Bisa Melesat di Lapangan karena Penyihir

Pacar Gelandang Bayern Pamer Sesi Foto Pakaian Dalam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya