Jelang ISL, PT Liga Perkenalkan Regulasi Baru Kompetisi

Pertandingan ISL 2015 antara Arema Cronus dan Barito Putera
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A Pitaloka
VIVA.co.id
Persija Ajukan Banding atas Putusan DRC FIFA
- Kompetisi Indonesia Super League (ISL) direncanakan bakal kembali bergulir pada bulan Oktober 2015 mendatang. PT Liga Indonesia selaku operator ISL, kini tengah fokus terkait persiapan penyelenggaraan kembali kompetisi sepakbola kasta tertinggi Indonesia tersebut.

Mengupas Kemasan ISC 2016
Dalam pertemuannya dengan perwakilan 18 klub peserta ISL, PT Liga lewat CEO, Joko Driyono, mengumumkan persiapan yang sudah dilakukan pihaknya sejauh ini. Joko mengkonfirmasi jika PT Liga sudah melakukan berbagai langkah persiapan, mulai dari soal penerapan aturan baru, pengaturan jadwal kompetisi, hingga registrasi pemain.

Kalahkan Bali United, Persija Juara Trofeo
Yang penting dalam pembahasan pertemuan tersebut adalah 3 opsi regulasi baru dalam kompetisi, antara lain, Financial Fair Play, Salary Cap, dan Budgeting Cap. Ketiga aturan baru yang rencananya akan diterapkan, berhubungan dengan manajemen keuangan klub. PT. Liga berupaya untuk membantu setiap klub peserta untuk mengelola keuangan klub agar lebih sehat dan seimbang.

Meski belum final, beberapa klub menyambut baik inisiatif PT. Liga terkait penerapan aturan baru ini. Salah satunya adalah Sriwijaya FC, yang dalam pertemuan ini diwakili oleh Sekretaris klub, Faisal Mursyid.

"Kami berharap ini adalah sebuah konsep baru yang ditawarkan oleh PT Liga kepada pihak klub. Termasuk masalah budget cap, salary cap dan finansial fair play. Artinya kami memikirkan kelangsungan klub, sehingga tidak akan terjadi lagi penunggakan dalam klub. Apapun itu kami akan tetap mendukung," kata Faisal kepada wartawan.

Terkait masalah rencana penerapan aturan baru ini, PT. Liga berencana akan kembali mengadakan pertemuan dengan klub. Hal ini guna memastikan 18 klub peserta sepakat dengan penerapan aturan baru tersebut. Pertemuan selanjutnya PT. Liga dan perwakilan klub dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2015 mendatang.

"Intinya kami mendukung, tapi tentunya semua tergantung dari komitmen klub. Yang terpenting, tanggal 31 Agustus nanti klub akan menyampaikan tanggapan soal materi serta konsep baru yang sudah dijelaskan PT. Liga," tutur Faisal.

Sementara itu, CEO Persebaya, Gede Widiade, yang ditemui dalam acara yang sama, juga mengatakan siap untuk kembali berkiprah di kompetisi ISL. Pria yang juga mantan Manajer Timnas U-23, mengungkap persiapan timnya jelang memasuki kompetisi. Salah satu persiapan Tim Bajul Ijo jelang bergulirnya ISL adalah ikut serta dalam turnamen Piala Presiden 2015.

Persebaya jadi salah satu tim ISL yang ikut ambil bagian dalam turnamen yang digagas oleh Mahaka Sports and Entertainment tersebut.

"Kami sangat siap. Soal persiapannya, turnamen Piala Presiden itu kan jadi pertandingan pramusim kami. Jadi kami serius untuk mempersiapkan tim jika ISL kembali jalan. Siapapun, klub manapun pastinya ingin jadi juara, tinggal kita lihat bagaimana ke depannya akan seperti apa," ujar Gede.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya