Pengelolaan Buruk Bikin Persija Terpuruk

Skuat Persija Jakarta saat latihan
Sumber :
  • Persija.co.id
VIVA.co.id
Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC
- Prestasi Persija Jakarta dalam beberapa tahun belakangan ini tidaklah memuaskan. Klub kebanggaan Jakmania itu juga seringkali terlilit masalah finansial yang membuat kondisi tim menjadi berantakan.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

Hal itulah yang dinilai Ketua Umum Jakmania, Richard Ahmad Supriyanto, menjadi titik utama penyebab keterpurukan klub berjuluk Macan Kemayoran. Manajemen yang dipimpin oleh Ferry Paulus dianggapnya tidak mampu mengelola Persija dengan baik.
Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo


"Persija itu sebenarnya punya nilai jual, cuma permasalahannya ada tidak orang yang mampu membuat Persija ini sama
value
-nya dengan yang semestinya. Harus ada orang yang mampu mengelola manajemen," kata Richard saat dihubungi
VIVA.co.id, Senin 26 Oktober 2015.


Pada awal tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Badan Usaha Milik Daerah, PT Jakarta Propertindo sempat menyiratkan keinginan mengakuisisi sebagian besar sahan Macan Kemayoran.


Tetapi, niat tersebut dibatalkan karena manajemen pimpinan Ferry Paulus bersikeras mematok harga Rp76 miliar. Perhitungan tersebut, didasarkan pengeluarannya sejak memimpin Persija dan utang-utang kepada pihak ketiga yang sampai saat ini belum terselesaikan.


Besarnya harga jual Macan Kemayoran inilah yang disinyalir akan menjadi penghambat utama investor baru masuk. Sebab, dengan harga yang selangit tersebut, aset-aset yang dimiliki klub sangat jauh berbeda nilainya.


Namun, bagi Richard hal tersebut bukanlah sesuatu yang mesti ditakuti. Sebab, jika nantinya sang investor baru cakap dalam mengelola manajemen, nilai komersial klub kebanggaan Ibu Kota yang tergolong tinggi bisa dimaksimalkan dengan baik.


"Pasar itu kan tinggal membangun kepercayaan dan brand image saja.
Value
Persija dan loyalitas The Jak yang tinggi sudah bisa dijadikan nilai jual kepada para sponsor," ungkap dia.


Dalam beberapa hari terakhir, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dikabarkan sedang melakukan upaya lobi kepada Mayapada Grup. Perusahaan milik Dato Sri Dr. Tahir diisukan menjadi pihak yang kemungkinan besar mengakuisisi saham Persija.


Jika kabar tersebut benar-benar terlaksana, bukan tidak mungkin Macan Kemayoran pada musim berikutnya akan memiliki modal yang cukup dan kembali menjelma menjadi klub papan atas di Tanah Air. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya