Manchester City Belum Setara Barcelona Era Guardiola

Manchester City vs Chelsea
Sumber :
  • Reuters/Carl Recine

VIVA – Pimpinan klasemen sementara Premier League, Manchester City kini sedang berada dalam tren positif usai memenangi tiga laga secara beruntun dan semakin dekat dengan gelar juara musim ini. Di Liga Champions mereka sudah melangkahkan satu kaki ke babak perempat final, The Citizens unggul 4-0 atas lawannya FC Basel menjelang pertandingan leg kedua babak 16 besar.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Usai menjuarai Piala Liga dan hampir pasti akan melaju ke perempat final Liga Champions, sudah tidak diragukan lagi bahwa ManCity adalah klub Inggris yang paling menonjol saat ini. Meski begitu, manajer ManCity, Pep Guardiola bersikeras bahwa skuatnya masih belum bisa menyamai Barcelona saat ia meraih kesuksesan di kompetisi Eropa pada tahun 2009 dan 2011.

Guardiola menilai pemain ManCity sekarang sangat berbeda dengan Barcelona yang dahulu ia tangani. Menurutnya, El Barca lebih banyak mendulang kemenangan, sedangkan The Citizens masih butuh waktu untuk melakukan itu.

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

"Ini pemain yang sama sekali berbeda, para pemain (Barcelona) di masa lalu menang banyak. Kami nihil, kebanyakan dari kami disini baru," kata Guardiola, seperti dikutip Sky Sports, Rabu, 7 Maret 2018.

"Sekarang bisa kami katakan, kami telah memenangkan satu gelar tapi itu tidak bisa membandingkannya. Tidak baik bagi kami untuk dibandingkan dengan tim tersebut," ujarnya.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

Baca: ManCity Segera Kunci Gelar Juara Premier League

Kalahkan Chelsea, Manchester City Kian Dekat Juara Liga

Guardiola merasa ManCity masih jauh disamakan dengan Barcelona. Ia menilai, Barcelona telah mendominasi sepakbola Eropa dalam beberapa dekade terakhir dengan pelatih maupun pemain yang berbeda.

"Tim tersebut telah mendominasi dalam 15 atau 20 tahun terakhir dengan pelatih dan pemain yang berbeda. Setiap musim mereka telah memenangkan banyak hal dan kami hanya memenangkan gelar perdana," tuturnya.

ManCity semakin nyaman di posisi teratas klasemen sementara Premier League dengan koleksi 78 poin. Mereka unggul 16 angka atas Manchester United yang ada di posisi 2.

Dengan keunggulan ini, ManCity hanya butuh 12 poin lagi untuk mengunci gelar juara Premier League. Artinya, empat kemenangan lagi akan mengantarkan The Citizens menyabet trofi Premier League.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya