7 Fakta Luar Biasa MU Usai Menumbangkan ManCity

Manchester United vs Manchester City
Sumber :
  • Twitter/@ManUtd

VIVA – Manchester United sukses membungkam rival sekotanya, Manchester City, dalam derby Manchester ke-182 yang dihelat di Old Trafford, Senin dini hari WIB, 9 Maret 2020. Di laga ini, Setan Merah menegaskan diri sebagai penguasa Kota Manchester usai menaklukkan lawannya 2-0.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Gol kemenangan diciptakan oleh Anthony Martial di menit 30 dan Scott McTominay pada masa injury time babak kedua. Tambahan tiga poin sangat penting dalam perjalanan pasukan Ole Gunnar Solskjaer menembus posisi empat besar.

Kemenangan ini tak hanya menegaskan status penguasa di Manchester tapi juga di Premier League musim ini. Sebab, MU menjadi pemenang dalam derby Manchester di laga kandang maupun tandang pada kompetisi Premier League.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Selain itu, kekalahan ini juga memutus rentetan lima kemenangan The Citizens di semua kompetisi. Sekaligus memupus harapan armada Pep Guardiola untuk mengejar Liverpool yang hampir pasti juara Premier League musim ini.

Masih ada fakta-fakta menarik yang hadir usai derby Manchester ke-182 ini. Berikut yang telah dirangkum dari BBC:

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

1. Kemenangan atas ManCity membawa MU melewati 10 laga terakhirnya tanpa tersentuh kekalahan. Ini adalah rekor terpanjang tanpa kekalahan yang dirasakan Setan Merah usai 11 laga perdana bersama Solskjaer yang ditunjuk pada Desember 2018 silam.

2. Musim ini menjadi pertama kalinya MU bisa mengalahkan ManCity di kandang maupun tandang di Premier League. Terakhir kali Setan Merah bisa mencatatkan torehan positif ini pada musim 2009/2010.

3. Kekalahan ini membuat Guardiola untuk kedua kali dalam karier manajernya merasakan tiga kali ditumbangkan oleh lawan yang sama dalam satu musim. Sebelumnya, manajer asal Spanyol itu merasakan hal yang sama ketika menghadapi Liverpool di musim 2017/2018.

4. Martial menjadi pemain kedua MU yang mencetak gol dalam tiga derby Manchester di Premier League saat diturunkan sebagai starter. Sebelumnya, rekor ini ditorehkan Eric Cantona yang mencetak gol di lima laga beruntun dalam tempo Maret 1993 hingga April 1996.

5. Martial juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam dua derbi Manchester dalam semusim usai Cristiano Ronaldo pada 2006/2007.

6. Peran Bruno Fernandes sangat besar dalam terciptanya gol-gol MU. Sejak mencatatkan debut di Premier League pada 1 Februari, pemain asal Portugal itu menjadi yang terbanyak terlibat dalam gol Setan Merah dibanding pemain lainnya dengan catatan dua gol dan tiga assists.

7. Meski gagal mencetak gol di laga ini, Raheem Sterling tetap mencatatkan rekor pribadi sebagai pemain termuda keempat yang menorehkan 250 pertandingan di Premier League usai Wayne Rooney, James Milner, dan Gareth Barry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya