Libas Tottenham, Satu Kaki Chelsea di Final Piala Liga Inggris

Winger Chelsea, Kai Havertz, saat cetak gol ke gawang Tottenham Hotspur
Sumber :
  • Twitter/@ChelseaFC

VIVA – Chelsea berhasil melangkahkan satu kakinya di final Piala Liga Inggris usai menumbangkan Tottenham Hotspur pada leg pertama semifinal yang digelar di Stamford Bridge, Kamis dini hari WIB, 6 Januari 2022. The Blues menang 2-0.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Pasukan Thomas Tuchel memulai laga dengan cepat. Serangan kilatnya mampu mengagetkan barisan pertahanan Spurs.

The Blues akhirnya unggul cepat di menit kelima. Kai Havertz memanfaatkan kesalahan Japhet Tanganga dalam mengawal lini belakang. Umpan tarik Marcos Alonso dengan mudah dimaksimalkannya menjadi gol.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Havertz kembali jadi ancaman nyata bagi pertahanan The Lilywhites. Dia berada di posisi yang tepat saat terjadi kemelut di depan gawang Spurs. Tapi, kali ini Hugo Lloris dengan sigap menggagalkan peluang tersebut.

Chelsea tanpa lelah menggempur pertahanan Tottenham di laga ini. Upaya tersebut kembali berbuah manis setelah Ben Davies melakukan kesalahan dan menempatkan bola di gawang sendiri. The Blues unggul 2-0 di menit 34 yang bertahan hingga turun minum.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Beberapa perubahan dilakukan kedua manajer di awal babak kedua. Antonio Conte memasukkan pemain bertipe menyerang guna menambah daya gedor untuk setidaknya menipiskan selisih gol.

Strategi baru itu terlihat membuat Spurs lebih aktif dalam menyerang. Harry Kane hampir saja memecahkan kebuntuan Tottenham, tapi Kepa Arrizabalaga berada di posisi yang tepat untuk memblok sepakan sang kapten di menit 50.

Berselang empat menit, Spurs kembali mengancam. Kali ini dari Tanguy Ndombele. Tapi, lagi-lagi tembakannya masih belum menemui sasaran.

The Blues hampir saja menambah keunggulan di menit 66. Timo Werner bekerja sama dengan Hakim Ziyech dan hampir saja mengoyak gawang Spurs untuk kali ketiga. Tapi, Lloris secara heroik melakukan refleks kilat dan membuat sepakan Werner jadi sia-sia.

Tak ada gol tambahan tercipta hingga laga bubar. Chelsea membawa keunggulan 2-0 pada leg kedua yang akan dimainkan sepekan ke depan.

Susunan pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga (PG); Cesar Azpilicueta (Harvey Vale 90'), Malang Sarr, Antonio Ruediger, Marcos Alonso, Saul Niguez (Ruben Loftus-Cheek 73'), Jorginho, Hakim Ziyech (Christian Pulisic 79'), Kai Havertz (Timo Werner 46'), Mason Mount (Mateo Kovacic 73'), Romelu Lukaku.

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris (PG); Japhet Tanganga, Davinson Sanchez, Ben Davies, Emerson, Pierre-Emile Hojbjerg, Oliver Skipp (Harry Winks 73'), Matt Doherty (Tanguy Ndombele 46'), Lucas Moura (Bryan Gil 80’), Harry Kane, Son Heung-min (Giovani Lo Celso 80').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya