Juergen Klopp Bandingkan Darwin Nunez dengan Robert Lewandowski

Manajer Liverpool, Juergen Klopp
Sumber :
  • AP Photo/Jon Super

VIVA Bola – Manajer Liverpool Juergen Klopp mengaku tidak khawatir dengan adaptasi permainan Darwin Nunez. Pasalnya sejauh ini, Nunez kerap melewatkan sejumlah peluang – yang paling baru ketika Liverpool menghadapi Aston Villa pada Boxing Day. 

Mimpi Borussia Dortmund Belum Berakhir

Pemain asal Uruguay tersebut juga gagal memanfaatkan sejumlah peluang saat bertemu Manchester City di Piala Liga Inggris pada 23 Desember 2022 dini hari WIB.

Dengan torehan tujuh gol dalam 10 pertandingan sebelum jeda Piala Dunia, Klopp yakin Nunez terus berkembang bersama Liverpool. 

Pengakuan Pelatih PSG Usai Gagal ke Final Liga Champions

Selebrasi gol Darwin Nunez

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Klopp memaklumi terkadang beberapa pemain butuh waktu yang tidak cepat beradaptasi dengan gaya permainan klub barunya. Momen ini bukan pertama kalinya bagi Klopp. Saat masih menangani Borussia Dortmund, ia membeberkan bahwa eks striker andalan mereka yakni Robert Lewandowski juga mengalami hal yang mirip dengan Nunez.

Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang

Lewandowski diboyong dari Lech Poznan pada tahun 2010. Klopp turut berperan banyak dalam perkembangan Lewandowski hingga menjadi salah satu bomber terhebat sepanjang masa. 

“Sejujurnya, ada banyak kesamaan. Ya, saya pikir Lewy (sapaan akrab Lewandowski) akan menceritakan kisah yang sama,” ungkap Klopp seperti yang dikutip dari Football365.

“Kami mengadakan latihan menembak di mana dia (Lewy) tak bisa menyelesaikan satu pun. Kami bertaruh sepanjang waktu untuk 10 euro. ‘Jika Anda mencetak lebih dari 10 kali, saya akan membayar 10 euro, jika tidak, Anda harus membayar saya’,” kenangnya. 

Nyatanya, saat itu Lewandowski kalah taruhan sampai saku Klopp penuh dengan uang. Klopp menyebut kehebatan seorang pemain membutuhkan proses untuk terasah dan tak perlu terburu-buru.

“Saku saya penuh dengan uang. Ini semua tentang tetap tenang. Ketika Anda melihat potensinya, tetaplah tenang. Sangat sulit (untuk tenang) di dunia tepat kita hidup,” kata Klopp. 

Robert Lewandowski

Photo :
  • marca

Manajer asal Jerman itu mengutarakan media dan warganet turut membesar-besarkan masalah kehebatan Nunez yang masih diragukan sejak pindah dari Benfica pada musim panas 2022. 

Menurut Klopp, hal tersebut bisa berdampak kepada mental pemain dan membuatnya tak berkembang.

“Karena Anda bertanya dan meributkan segalanya, kemudian para suporter, media sosial, dan semua semacam ini semakin Anda bisa mematikannya,” ucapnya.

Ia melanjutkan, “semua ada waktunya. Anda melakukan sesuatu seperti ini, tapi lain waktu Anda melakukannya berbeda. Saya mengalami situasi itu dengan Lewy tapi bukan hanya dengan Lewy. Dia adalah perbandingan yang jelas, saya mengerti.”

“Mari berharap kita semua, termasuk dia (Nunez), tetap sehat dan semuanya akan baik-baik saja,” pungkas Klopp.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya