Pengakuan Wasit Liga Inggris Sudah Rugikan Liverpool

Pertandingan Liverpool vs Tottenham
Sumber :
  • AFP/HENRY NICHOLLS

VIVA – Badan Wasit Premier League (PGMOL) mengakui telah merugikan Liverpool saat menganulir gol Luis Diaz ketika menghadapi Tottenham Hotspur, Minggu 1 Oktober 2023.

Cara Liverpool Cegah Alexander-Arnold Hengkang ke Real Madrid

Dalam laga itu, Liverpool yang bermain dengan 9 orang harus kalah dengan skor 1-2. Namun,banyak pihak yang menilai bahwa Liverpool dirugikan oleh berbagai keputusan wasit dalam pertandingan tersebut.

Salah satunya adalah pada menit ke-36 saat Luiz Diaz mencetak gol. Hanya saja  gol winger asal Kolombia itu dianulir karena dia dianggap berada pada posisi offside.

Newcastle United Tak Sakit Hati Meski Pemainnya Sempat Berpaling ke Liverpool

Terjadi keraguan dalam keputusan wasit Simon Hooper tidak memilih untuk mengecek ulang melalui Video Assistant Referee (VAR).

Setelah laga, badan wasit Liga Inggris, PGMOL, mengeluarkan pernyataan bahwa mereka telah melakukan kesalahan. Seharusnya, gol Luis Diaz tidak dianulir dan sah karena eks winger Porto itu berada di posisi onside.

Pep Guardiola Sudah Putuskan Nasib Kevin de Bruyne di Manchester City

"PGMOL mengakui adanya kesalahan manusia yang signifikan yang terjadi pada babak pertama Tottenham Hotspur vs Liverpool," demikian pernyataan resmi PGMOL.

"Gol dari Luis Diaz dianulir karena offside oleh tim ofisial pertandingan di lapangan. Ini merupakan sebuah kesalahan faktual yang jelas dan nyata dan seharusnya gol tersebut disahkan melalui intervensi VAR.

"Tetapi VAR gagal melakukan intervensi. PGMOL akan melakukan tinjauan penuh terhadap situasi yang menyebabkan kesalahan tersebut," sambung pernyatan itu.

Di sisi lain, Hasil ini membawa Tottenham melesat ke posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan koleksi 17 poin. The Lilywhites unggul selisih gol dari Arsenal yang berada satu tingkat di bawahnya.

Sementara itu, Tottenham kini hanya terpaut satu angka Manchester City yang berada di puncak. Man City gagal menjauh dari kejaran para rivalnya lantaran kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya