Tiket Liga Inggris Terlalu Mahal

VIVAnews - Masuknya investor asing ke Liga Inggris dibarengi dengan melambungnya harga tiket. Mantan pemain Liverpool, Dietmar "Didi" Hamann menyebut klub-klub Liga Inggris sedang meluncur di atas es yang tipis.

Didi berkomentar terkait penagambilalihan Manchester City oleh Sulaiman Al Fahim. Banyak pihak menyebut Sulaiman akan menentukan masa depan City, Liga Inggris, bahkan juga Eropa.

Sebaliknya, kondisi itu justru mengkhawatirkan. Sesuai riset koran Die Welt, kedatangan investor itu diikuti melambungnya harga tiket.

Harga tiket termurah City melawan Liverpool, 5 Oktober, senilai 36 pounds (64 dolar AS) atau Rp601.600. Sedangkan tiket juara bertahan Liga Jerman, Bayern Munich lawan Werder Bremen, pekan ini, hanya 15 euro (21 dolar AS) atau Rp197.400. Artinya, harga tiket big match Liga Jerman tak ada setengahnya dibanding Liga Inggris.

Hamann (35 tahun) menyebut hal ini akan sangat membahayakan Liga Inggris. Pasalnya, penonton yang merasakan tiket mahal ini takkan datang ke stadion lagi.

"Banyak pertandingan Liga Inggris disiarkan televisi. Mereka yang tak bisa membeli tiket akan pilih menonton di rumah saja," sebut Hamann. "Liga Inggris harus siap-siap ditinggalkan penggemarnya."

Al-Fahim memulai investasi besar dengan mendatangkan pemain Brasil, Robinho dari Real Madrid senilai 42 juta euro (59 dolar AS) atau Rp554,6 miliar. Salah satu orang terkaya di dunia itu ingin menjadikan City sebagai klub besar melebihi Real Madrid dan Manchester Unied.

"Uang belum tentu bisa menghadirkan sukses. Tapi, mungkin mempermudah segalanya," tambah Didi.

Pemain asal Jerman ini memberi contoh Chelsea. Sebelum kedatangan Roman Abramovich, The Blues hanyalah klub medioker.

Kunci kejayaan Chelsea bukanlah uang Abramovich, melainkan kerja keras seluruh elemen tim dengan menanggalkan ego masing-masing.

"Jika bisa seperti itu juga, Manchester City akan menjadi salah satu tim terbaik di Eropa, 5-10 tahun lagi," pungkas Didi yang bergabung di City sejak 2006 setelah tujuh tahun berkostum Liverpool itu.