Bagaimana Ferguson Jadi Inspirasi Pemain

Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Manchester United baru saja meraih gelar Liga Primer Inggris musim kompetisi 2010/11. Perolehan gelar ke-19 itu, didapat setelah 'Setan Merah' menahan imbang Blackburn Rovers 1-1, Sabtu 14 Mei 2011 lalu.

Dibalik sukses United melampaui gelar Liverpool, tidak terlepas dari peran pelatih Sir Alex Ferguson. Menurut pemain bertahan Patrice Evra, ada cerita menarik bagaimana pelatih asal Skotlandia itu berperan dalam perebutan trofi.

Evra menjelaskan, Ferguson adalah inspirasi bagi pemain untuk bangkit disaat tim mengalami kekalahan. Saat itu, MU kalah dari Arsenal 1-0, dan peluang juara juga terancam.

"Dalam kondisi sulit, Ferguson memiliki peran besar. Ia memberikan tekanan dan keyakinan ke pemain," kata Evra seperti dilansir The Sun, Senin.

"Waktu itu (Saat MU kalah dari Arsenal) ia mengatakan, 'Apa kalian benar-benar serius mau gelar ke-19? Jika iya, maka berjuanglah untuk meraihnya. Berapa banyak lagi kesempatan yang akan kamu buang percuma?" jelas Evra menirukan kalimat Ferguson.

Bek asal Prancis itu menjelaskan, selama ini Fergie memang dikenal sebagai manajer dengan temperamen keras dan tak segan berbicara keras ke pemain jika tidak menuruti keinginannya.

Bahkan, mantan pemain United, David Beckham yang saat itu adalah bintang, juga tak luput dari perlakuan keras Fergie yang dikenal sebagai hairdryer treatment.

Dekranas Optimis Lestarikan Kerajinan Nasional Bisa Bantu Dongkrak Ekonomi

Karakter Ferguson terbentuk setelah mengawali karirnya di MU menggantikan pelatih Ron Atkinson, 1986 lalu. Di musim pertamanya, Fergie hanya mampu mengantarkan MU ke posisi 11.

Sebuah perjalanan panjang Ferguson menghantarkan United sebagai klub papan atas di Liga Inggris.

Pernyataan Oposisi Ganjar Bisa Jadi Sikap Politik PDIP, Menurut Pakar BRIN

Setelah enam  tahun di Old Trafford, Fergie akhirnya berhasil membawa MU meraih gelar Premier League. Musim berikutnya, Fergie berhasil membawa Manchester United mempertahankan gelar bergengsi ini.

Tak hanya itu, pada musim 1998/1999 Fergie juga berhasil mambawa MU meraih gelar Premier League, Piala FA dan Liga Champion UEFA sekaligus. MU menjadi satu-satunya tim Inggris yang berhasil meraih gelar treble winners. (eh)

faisal halim

Insiden Pemain Timnas Malaysia Faisal Halim Disiram Air Keras, PSSI: Kami Turut Prihatin

Menurut laporan media Malaysia, Stadium Astro, Faisal Halim mengalami bahwa dirinya alami luka bakar serius (tingkat 4) dan kini dirawat intensif di ruang ICU rumah sakit

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024