Hiddink Serang Ronaldo

VIVAnews - Penghargaan Pemain Terbaik Dunia telah diberikan pada Cristiano Ronaldo. Tapi, perdebatan terus berlanjut. Kali ini kritikan datang dari Guus Hiddink.

Meski tak memungkiri permainan Ronaldo musim lalu sangat fantastis, tapi Hiddink menilai hasil buruk di paruh musim ini harusnya juga menjadi dasar penilaian. Musim lalu, Ronaldo mencetak 42 gol diberbagai kompetisi plus trofi Liga Inggris dan Liga Champions.

Bahkan, dengan terang-terangan Hiddink menilai para koleganya yang memilih Ronaldo telah berbuat kebodohan. Menurutnya, mereka memilih Ronaldo karena faktor glamour dan gaya rambut sang pemain.

Pelatih timnas Rusia ini mempunyai pandangan lain. Menurutnya, sosok Steven Gerrard lebih pantas dibanding bintang Manchester United itu.

"Cristiano Ronaldo memang pesepakbola yang bagus dilihat. Dia terlihat fit dan ya, rambutnya masih ditempat yang benar. Tapi kemenangannya lebih disebabkan faktor glamour saja," ujar Hiddink kepada Daily Mail, Minggu, 25 Januari 2009.

Beberapa kalangan memang lebih menilai Messi lebih pantas. Pasalnya, Messi mampu mempertahankan performanya di separuh musim ini bersama Barcelona. Selain itu, Messi juga berhasil mengantarkan timnas Argentina merengkuh medali emas di Olimpiade Beijing, Agustus lalu.

Tapi, Hiddink tetap memandang Gerrard tetap yang pantas merengkuh gelar pemain terhebat di kolong langit ini.

"Saya lebih memilih Gerrard. Dia secara teknis mengagumkan dan mempunyai kualitas secara taktik. Saya juga melihat semangatnya dan perilakunya di lapangan," ujar pelatih asal Belanda ini.

"Tentu, Ronaldo menghibur penonton dan mempunyai skil hebat. Tapi, dia juga terlalu glamour dan bergaya. Gerrard, Xavi dan Messi di Barcelona tidak terlalu fokus pada diri sendiri. Mereka fokus pada tim," tambahnya.

Hiddink memang mengaku tak tenang melihat Ronaldo menjadi yang terbaik. Pasalnya, hanya sosok Gerrard yang dinilai Hiddink mempunyai hasrat bermain. Selain itu, Hiddink rupanya menyoroti loyalitas sang kapten di Anfield sebagi nilai lebih seorang Gerrard.

"Tidak ada pemain di dunia ini yang mempunyai kombinasi seperti itu. Dia adalah tipe pemain yang lebih bisa membuat saya terkagum dibanding Cristiano Ronaldo," tutup Hiddink.

Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia
Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23

Indonesia Still Has Chance to Qualify Olympics After Defeated by Uzbekistan

The Indonesian U-23 National Team defeated to Uzbekistan in the semifinals of the 2024 U-23 Asian Cup at the Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar on Monday.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024