Wenger Sebut Beban Pesepakbola Saat Ini Lebih Berat

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger.
Sumber :
  • REUTERS/Neil Hall
VIVA.co.id
Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal
- Arsene Wenger adalah pelatih klub Liga Inggris yang punya karier paling lama saat ini. Pria 65 tahun ini membandingkan masa awal kariernya dengan saat ini.

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman

Wenger sudah berkiprah sebagai pelatih sejak 1984. Nancy menjadi tim pertama yang ditukangi oleh Wenger. Kemudian, Wenger melanjutkan kariernya ke AS Monaco pada 1987.
Bintang Arsenal Desak Wenger Fokus Cari Bek


Bersama AS Monaco, membuka gerbang Wenger untuk menjadi salah satu pelatih jempolan di dunia. Gelar juara Ligue 1 musim 1987/1988 dan Piala Prancis musim 1990/1991, disumbang Wenger buat AS Monaco.


Wenger kemudian hijrah ke Jepang dan menukangi Nagoya Grampus. Dua gelar domestik juga berhasil diberikan Wenger untuk Nagoya. Usai dari Nagoya, barulah Wenger datang ke London pada 1996.


Bersama Arsenal, Wenger meraih puncak kejayaan kariernya. Ia berhasil membawa
The Gunners
menjuarai Liga Inggris di tahun keduanya. Tiga gelar Liga Inggris, 6 gelar Piala FA, dan 5 gelar Community Shield jadi bukti andalnya racikan sang profesor.


Saat membawa Arsenal juara musim 2003/2004, Wenger pun turut berkontribusi mencatatkan rekor semusim tak terkalahkan, atau disebut
invincibles.


Dalam sebuah wawancara dengan situs resmi klub, Wenger mengatakan, beban yang dihadapi pemain saat ini jauh berbeda dengan saat ia masih menjadi pemain.


"Waktu untuk membuat keputusan menjadi sangat cepat, karena semua berjalan dengan sangat cepat. Semuanya di bawah tekanan. Pemain saat ini jauh lebih stres daripada pemain 20 tahun yang lalu," ujar Wenger.


"Selain itu, fisik dan tekanan mental juga. Oleh karena itu, saya akan mengatakan persiapan harus lebih sempurna daripada 20 tahun yang lalu," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya