Perjalanan Lindelof Sampai Harganya Melonjak 150 Kali Lipat

Pemain bertahan Timnas Swedia, Victor Lindelof
Sumber :
  • REUTERS/Yves Herman

VIVA.co.id – Manchester United hampir dipastikan bakal membeli Victor Lindelof, pada bursa transfer musim dingin nanti. Bek asal Swedia berusia 22 tahun, didatangkan dari Benfica dengan nilai transfer sebesar  £38 juta, yang bisa disebut sangat besar.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Dilansir dari Sports Mail, Kamis, 22 Desember 2016, ada beberapa klub yang bakal gigit jari, dengan pembelian mahal Lindelof. Di antaranya Stoke City, yang sebenarnya punya kesempatan membeli Lindelof dengan harga sangat murah, beberapa tahun silam.

Lindelof memulai kariernya dari klub lokal Vasteras SK, yang kemudian menawarkan sang pemain pada Stoke City di usia 17 tahun, dengan bandrol hanya £260.000. Cukup murah jika merujuk pada status Lindelof, sebagai pemain timnas U-19 Swedia.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Mantan bintang MU Jesper Blomqvist, menyebut Lindelof yang punya julukan 'iceman' itu punya gaya bermain seperti Rio Ferdinand. "Saya menonton pertandingan Swedia dan Prancis pada November lalu dari televisi, dan sekilas melihat Jose Mourinho di tribun penonton," kata Blomqvist.

"Saya sudah sangat yakin, pasti hanya Lindelof yang sedang dilihatnya. Dia cepat, percaya diri dengan bola, sangat kuat. Bagi fans MU, saya kira perbandingan terbaik adalah dengan Rio Ferdinand dan Rony Johnsen. Saya tidak mengatakan dia sudah di level itu. Tapi, dia berpotensi ke sana," ujarnya.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Middlesbrough coba membeli Lindelof, pada Januari 2016, saat mereka terlihat punya peluang besar mendapat promosi ke Premier League. The Boro yang akhirnya bermain di Premier League musim ini, membuat kesepatakan meminjam Lindelof.

Kesepakatan itu mengatur opsi transfer permanen di akhir masa peminjaman, dengan nilai transfer £5 juta. Tapi, Benfica memasukkan klausul tambahan, yang membuat Middlesbrough batal melanjutkan kesepakatan.

Setelah kesepakatan batal, Lindelof mulai dipercaya bermain reguler di tim senior, membantu Benfica menjadi juara Primeira Liga. Benfica memenangkan 14 dari 15 pertandingan, di mana Lindelof diturunkan sebagai pemain starter, mulai 31 Januari hingga akhir musim lalu.

Musim ini dia kembali dipercaya bermain reguler, dan mendapatkan kontrak baru yang membuat harganya menjadi £38 juta saat dibeli MU. Harganya telah melonjak hampir 150 kali lipat, dari bandrolnya saat dibeli dari Vasteras SK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya