Wasit Elite Premier League Tergoda 'Guyuran' Uang Liga China

Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg
Sumber :
  • Reuters / John Sibley

VIVA.co.id – Tawaran menggiurkan dari Liga Sepakbola China sudah membuat banyak aktor lapangan hijau hijrah ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Tak puas dengan mendatangkan pemain kelas wahid, China juga ingin "membajak" wasit dari liga top dunia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Ngamuk ke Wasit

Wasit yang menjadi incaran CSL (China Super League) adalah pengadil asal Inggris, Mark Clattenburg. Meski tak disebutkan berapa bayaran yang akan diterima Clattenburg jika bersedia merantau ke China, namun yang jelas jika berbicara soal sepakbola China, otomatis berkaitan dengan nominal yang "wah".

Menanggapi rumor ini, Clattenburg tak menutup kemungkinan. Baginya, dia siap mempertimbangkan untuk berkarier di China jika memang ada tawaran resmi yang didapat.

Pelatih Persib Bandung Puji Kinerja Wasit

"China belakangan ini menerapkan fondasi yang kuat dalam sepakbola mereka jika melihat pemain-pemain yang didatangkan," kata Clattenburg kepada Daily Mail.

"Saya memang masih memiliki kontrak dengan Premier League, tapi jika nanti ada tawaran (dari China), maka saya akan memikirkan karier jangka panjang saya. Berapa lama lagi saya akan menjadi wasit? Saya sudah 12 tahun di Premier League, 12 tahun yang indah," ujarnya.

Mulai Pekan 30, Liga 1 2021/22 Gunakan Asisten Wasit Tambahan

Kedatangan Clattenburg diklaim bisa menjadi langkah awal bagi China untuk menegakkan integritas sepakbolanya. Wasit yang selama ini bertugas di Premier League itu diminta untuk menjadi teladan bagi pengadil lapangan lokal.

Clattenburg baru saja didaulat menjadi wasit terbaik dunia. Dia menerima predikat tersebut usai memenangkan penghargaan Globe Soccer di Dubai, pekan ini.

Sepanjang 2016, Clattenburg sudah bertugas di tiga event elite. Final Piala FA, Liga Champions, dan Piala Eropa 2016, adalah event yang dipimpin oleh Clattenburg selama setahun terakhir.

Dari kompetisi CSL, tercatat nama pesepakbola dengan bayaran termahal di dunia, yakni Carlos Tevez yang kini berstatus pemain Shanghai Shenhua dengan Rp10 miliar per pekan. Pesepakbola top lainnya yang merumput di China antara lain Hulk, Oscar, Ramires dan Graziano Pelle. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya