MU Kembali ke Puncak Daftar Klub Olahraga Terkaya

Markas Manchester United, Old Trafford
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id – Manchester United mungkin belum kembali bersinar, untuk menyamai prestasi pada masa kejayaan mereka, dalam hal perolehan trofi. Setelah masa emas di bawah Sir Alex Ferguson, MU mengalami penurunan yang mengkhawatirkan di lapangan.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Dilansir dari Mirror, Minggu 29 Januari 2017, situasinya sangat terbalik di luar lapangan. MU justru semakin produktif sebagai mesin pembuat uang. Forbes, bahkan menempatkan Setan Merah di puncak daftar klub olahraga terkaya, untuk kali pertama dalam 13 tahun.

Keluarga Glazer yang menjadi pemilik MU, kini menetapkan nilai klub sebesar £4 miliar. Analis bisnis mengatakan, butuh tawaran yang membuat mulut menganga lebar, untuk membujuk Glazer menjual aset berharga mereka.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Menurut daftar Forbes, klub NFL Dallas Cowboys adalah klub olahraga paling bernilai di dunia sekarang, dengan harga sekitar £3,2 miliar. Tetapi, MU bakal segera menjadi yang tertinggi, jika dijual oleh Glazer.

Banyak yang meyakini, hanya tinggal menunggu waktu, hingga ada pengusaha dari China, yang datang dengan penawaran luar biasa. Seorang manajer senior, Tim Bridge, mengatakan MU menghasilkan sangat banyak uang, sehingga tak mengejutkan pemiliknya bisa memasang banderol berapa pun.

Usai Gasak Tottenham, MU Incar Korban Lain

"MU diproyeksikan memperoleh pendapatan £530 juta, dalam tahun finansial ini. Biasanya, saat sebuah klub dijual di Premier League, kesepakatan harganya bisa dua kali lipat dari nilai pendapatan. Tetapi, ingat, saat Glazer membeli MU 11 tahun lalu, mereka membayar 4,7 kali lipat," kata Bridge.

Apalagi, MU sangat sukses dalam hal komersial. Mereka memiliki 70 mitra sponsor, yang bahkan tidak bisa disaingi Real Madrid dan Barcelona. "MU mampu membuat kesepakatan komersial, yang klub lain tidak berpikir itu mungkin terjadi," ujar Bridge. (asp)

Pemain Atletico Madrid merayakan gol

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Gelandang Atletico Madrid, Marcos Llorente, mengingatkan rekan setimnya untuk tidak terkecoh dengan magis Cristiano Ronaldo saat mereka menghadapi Manchester United.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022