Kontroversi Gol Kemenangan AC Milan Atas Fiorentina

Fiorentina vs AC Milan
Sumber :
  • AP Photo/Luca Bruno

VIVA Bola – AC Milan berhasil membukukan kemenangan dengan skor 2-1 atas Fiorentina dalam pertandingan lanjutan Serie A di San Siro, Senin dini hari WIB 14 November 2022. Gol kemenangan tuan rumah tercipta di menit akhir.

Jadi Starter, Jay Idzes Punya Peluang Bawa Venezia Lolos ke Serie A

Milan unggul cepat dalam pertandingan ini. Belum genap dua menit berjalan, Rafael Leao sudah berhasil membawa timnya unggul atas Fiorentina.

Tim tamu tak mau menyerah begitu saja. Mereka berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada menit 28 melalui Antonin Barak.

Sempat Dibantai Klub Israel, Olympiakos Bikin 'Dongeng' Juara Liga Konferensi Eropa

Rafael Leao, Duel AC Milan vs Fiorentina 2-1

Photo :
  • Twitter: AC Milan

Di sisa waktu yang ada, kedua tim silih berganti menyerang. Namun, Milan yang berhasil memastikan tiga angka dalam laga ini setelah pemain Fiorentina Nikola Milenkovich melakukan bunuh diri karena salah antisipasi umpan silang Milan.

Cesc Fabregas Beber Kunci Sukses Como 1907 Promosi ke Serie A

Terkait dengan gol ini, terjadi kontroversi di Italia. Mantan wasit Serie A, Gianpaolo Calvarese menganggap seharusnya gol Milan itu dianulir.

Dia melihat ada pelanggaran yang dilakukan oleh penyerang Milan, Ante Rebic. Dia menghalangi pergerakan kiper Fioerntina, Pietro Terracciano yang coba memotong umpan silang.

Fiorentina vs AC Milan

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Menurut Calvarese seharusnya video assistant referee (VAR) memberi kode kepada wasit untuk melakukan peninjauan. Jika itu dilakukan, pasti gol Milan akan dianulir.

"Apakah Terracciano bisa mendaptkan umpan silang jika Rebic tidak ada di sana? Anda harus mengatakan ya, oleh karena itu VAR seharusnya memanggil wasit untuk melakukan tinjauan dan menganulir gol tersebut," kata Calvarese, dikutip dari Football Italia.

Ada juga pembelaan untuk Milan. Itu datang dari Luca Marelli yang menganggap keputusan wasit mengesahkan gol skuad asuhan Stefano Pioli sudah tepat.

"Mengesahkan gol itu adil. Anda bisa melihat kiper bergegas keluar dan bergerak ke arah Rebic, dibanding sebaliknya," tuturnya.

Kemenangan ini membuat Milan kini masih bertahan di urutan kedua klasemen Serie A dengan 33 angka dari 15 laga. Mereka tertinggal delapan poin dari Napoli yang ada di posisi puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya