Atalanta Juara Liga Europa, AS Roma Jadi Tim Italia Keenam di Liga Champions?

Atalanta juara Liga Europa 2023/24
Sumber :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Italia – Keberhasilan Atalanta menjuarai Liga Europa musim 2023/24 ternyata membuka jalan Serie A memiliki enam wakil di Liga Champions musim depan. Jika ini terjadi, maka AS Roma yang diuntungkan.

Alasan Irak Mustahil Main Mata Vs Vietnam Demi Gagalkan Peluang Timnas Indonesia

Namun, ternyata Roma tak lantas lolos ke Liga Champions musim depan. Masih ada syarat yang harus dipenuhi.

Dilansir Football Italia, syarat tersebut adalah Atalanta harus finis di posisi kelima musim ini. Jika itu terjadi, maka Roma menjadi tim keenam dari Italia yang lolos ke Liga Champions.

Kata Jay Idzes Usai Jadi Pemain Indonesia Pertama di Serie A

Namun, jika Atalanta finis di atas posisi kelima, misal peringkat 3 atau 4, maka Italia tetap diwakili lima tim dan Giallorossi batal melenggang ke Liga Champions.

Itu karena awalnya, Italia hanya mendapatkan empat jatah di Liga Champions. Peringkat kelima Serie A lolos lewat jatah tambahan berdasarkan peringkat UEFA musim ini.

Akhiri Penantian Panjang, 6 Klub Kuda Hitam Ini Ramaikan Liga Champions Musim Depan

Pemain AS Roma rayakan gol

Photo :
  • twitter.com/OfficialASRoma

Jika Atalanta finis di peringkat 5, akan ada 6 tim Serie A di Liga Champions. Yakni Atalanta lolos pakai jalur "status juara Liga Europa". Lalu Inter Milan, AC Milan, Bologna, Juventus lolos lewat jalur "top 4 Serie A". Kemudian slot tambahan diberikan untuk AS Roma di peringkat 6.

Jika Atalanta finis di peringkat 3 atau 4, maka Atalanta akan lolos ke Liga Champions lewat jalur "top 4 Serie A". AS Roma jadinya tidak lolos ke Liga Champions, karena status slot juara Liga Europa milik Atalanta tidak diturunkan ke klub Italia, tapi diberikan ke klub Eropa dengan koefisien tinggi yang sedang ikut kualifikasi Liga Champions, dan saat ini adalah Benfica.

Saat ini, Atalanta berada di peringkat kelima dengan 66 poin, sedangkan Bologna dan Juventus masing-masing mengumpulkan 68 poin.

Masih ada satu pekan tersisa di Serie A. Namun, Atalanta masih memiliki satu laga pekan tunda. La Dea akan menghadapi Torino pada 26 Mei lalu menjamu Fiorentina pada 2 Juni. Roma masih harus menunggu hingga semua pertandingan Atalanta selesai untuk mengetahui nasib mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya