Sama Seperti RI, Italia Ramah Pemain Asing

Pablo Osvaldo (AS Roma) merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Giampiero Sposito

VIVAnews - Dunia sepakbola Indonesia baru saja kedatangan lima pemain baru. Kelimanya, Greg Nwokolo, Victor Chukwuekezie Igbonefo, Jhon van Beukering, Stefano Lilipaly, dan Tonnie Cussel, merupakan pemain asing yang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Program naturalisasi pemain sudah berjalan sejak PSSI masih dibawah kepemimpinan Nurdin Halid. Striker Christian 'El Loco' Gonzales dan Kim Jefrrey Kurniawan menjadi dua pemain pertama yang di-Indonesiakan.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Namun dari semua pemain asing yang dinaturalisasi, hanya empat orang yang memiliki darah Indonesia. Yakni Jhony van Beukering, Stefano Lilipaly dan sepupunya Tonnie Cussel, serta Kim Kurniawan.

Kebijakan yang hampir sama juga dilakukan oleh timnas Italia. Beberapa pemain yang memperkuat Gli Azzuri merupakan pemain berdarah asing yang disebut 'Oriundi'. Namun, bedanya dengan Indonesia, Oriundi memiliki darah keturunan Italia. Hanya saja mereka lahir di Amerika Latin sebelum akhirnya kembali ke negara asal nenek moyang.

Salah satu Oriundi yang digunakan Italia adalah Pablo Daniel Osvaldo. Striker kelahiran Argentina ini diturunkan saat Gli Azzuri melawan Irlandia Utara di penyisihan Grup C Kualifikasi Euro 2012.

Pemilihan striker AS Roma ini langsung menuai kritik ke pelatih Cesare Prandelli. Menurut para kritikus, masih banyak pemain asli Italia yang layak masuk skuad Gli Azzuri.

"Mari kita tinggalkan semua kontroversi yang ada," kata Prandelli seperti dilansir Football Italia, Rabu, 12 Oktober 2011. "Para politisi menciptakan hukum dan hukumlah yang membuat kita mempertimbangkan berbagai macam jenis orang Italia. Seperti Osvaldo dan Thiago Motta (pemain Inter Milan kelahiran Brasil)."

Dengan variasi pemain seperti ini, Italia berhasil lolos ke Euro 2012 dengan status juara Grup C. Pasukan Prandelli berhasil meraih tujuh kemenangan dari sembilan pertandingan.

"Saya suka Italia macam ini, bersatu dan tidak terpecah belah. Punya gagasan, perasaan, dan tidak egois," kata Prandelli lagi. "Saya tahu kami hanya akan dinilai berdasarkan hasil akhir, tapi hal-hal ini sangat berarti buat saya."

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016