Ronald Koeman Ungkap Formasi yang Bakal Digunakan Barcelona

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.
Sumber :
  • Independent

VIVA – Barcelona berhasil mengalahkan Gimnastic de Tarragona dengan skor 3-1 dalam laga uji coba di Estadio Johan Cruyff, Minggu 13 September 2020, dini hari WIB. Selepas laga tersebut, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengatakan, skuadnya akan menggunakan gaya yang berbeda.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Pada laga melawan uji coba itu, Koeman menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan menempatkan dua gelandang bertahan. Formasi ini jarang digunakan oleh Blaugrana pada musim-musim sebelumnya.

Baca Juga: Ronald Koeman Mulai Jilat Lionel Messi

Real Madrid Vs Barcelona Seperti Final LaLiga

Di awal pertandingan, pelatih asal Belanda itu menurunkan Sergio Busquets dan Carles Alena di posisi gelandang bertahan. Kemudian, Koeman mamasang Frenkie de Jong dan Riqui Ruig ketika dia mengubah seluruh penggawanya setelah turun minum.

"Ini mungkin sedikit berbeda dan lebih defensif dengan apa yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir," kata Koeman kepada Barca TV, Minggu 13 September 2020.

Dikalahkan Real Madrid, Kiper Barcelona Kecam LaLiga

"Tujuannya adalah untuk menggerakkan bola, menahannya, dan menciptakan ruang permainan antar lini, di belakang gelandang lawan. Saya kira tim ini mampu melakukannya karena kami memiliki geladang-gelandang yang mampu bermain dengan cara itu," ujarnya.

Di laga lawan Gimnastic de Tarragona, gol-gol Barceloan dicetak oleh Ousmane Dembele (5'), Antoine Griezmann (17'), dan sepakan penalti Philippe Coutinho pada menit 51. Sedangkan, satu-satunya gol lawan diciptakan oleh Javie Bonilla pada menit ke-30.

Baca Juga: 10 Perintah Koeman dalam Revolusi Barcelona

Pada babak pertama, Koeman menurunkan seluruh pemain utama dengan menenmpatkan Lionel Messi sebagai ujung tombak. Meskipun, sang kapten baru mulai berlatih bersama El Barca pada hari Senin kemarin.

Setelah ini, Azulgrana berencana untuk kembali menggelar laga uji coba pada Rabu 16 September 2020. Lawan yang akan dihadapi Barcelona adalah Girona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya