10 Pemain Barca Dites Doping oleh UEFA

Pemain Barcelona merayakan gol atas Panathinaikos
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVAnews - Sepuluh pemain Barcelona, termasuk Lionel Messi dan Xavi Hernandez, diwajibkan mengikuti tes doping oleh Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), Kamis 17 Maret 2011. Tes yang dikatakan 'rutin' ini dilakukan sehari setelah ada laporan dari salah satu radio di Spanyol yang menyebut Barca punya hubungan dengan dokter bermasalah.

Cadena Cope -nama Radio itu- menyatakan kalau Real Madrid sebagai rival terbesar Barca meminta agar Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) lebih serius dalam melakukan tes doping di liga domestik. Madrid, tambah Cadena Cope, juga tak habis pikir bagaimana 'dokter dengan reputasi yang dipertanyakan' bisa bekerja untuk klub sebesar Barca.

"Dokter-dokter dari UEFA melakukan kunjungan mendadak ke tempat latihan Barca pagi ini dan melakukan tes doping rutin pada 10 pemain Barca," demikian pernyataan resmi klub yang tercantum di situsnya.

"Ini adalah kedua kalinya Barca menerima kunjungan rutin UEFA musim ini, tahun lalu tiga kali (kunjungan)."

Dokter yang dicurigai itu bernama Eufemiano Fuentes dan pernah didakawa pada Desember silam karena tindak pidana perdagangan dalam skandal doping atletik. Dia juga tercatat bekerja untuk klub lain yakni Valencia ketika klub itu keluar sebagai juara La Liga di tahun 2002 dan 2004.

Tudingan ini membuat Barca dan Valencia mengancam akan memperkarakan Cadena Cope. Ancaman ini kemudian ditanggapi radio itu dengan permintaan maaf.

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan

Mereka juga menyatakan tidak meragukan kesungguhan Barcelona dan pemainnya. Hanya saja Cadena Cope tidak akan menarik laporan soal kecurigaan doping itu.

"Kami kedatangan (tim) kontrol anti doping dari UEFA hari ini, kebetulan sekali," kata Gerard Pique sebagai salah satu pemain yang dites.

Selain Pique, Messi, dan Xavi, ketujuh pemain lain yang diperiksa adalah David Villa, Jeffren Suarez, Jose Manuel Pinto, Andre Iniesta, Victor Valdes, Javier Mascherano, dan Ibrahim Afellay.

Playlist Live Festival

Festival Musik Playlist: Live On Tour 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Ada Musisi Siapa Aja?

Salah satu festival musik yang ditunggu, Playlist Live Festival, akhirnya kembali menggelar rangkaian tur bertajuk Playlist: Live On Tour 2024, yang akan dimulai Juni.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024