Del Bosque: El Clasico Merusak Timnas Spanyol

Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque
Sumber :
  • AP Photo/Daniel Ochoa de Olza

VIVAnews - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque melontarkan keprihatinannya seputar laga panas El Clasico antara Barcelona melawan Real Madrid. Laga itu bisa memberikan efek negatif kepada timnas Spanyol.

Laga sengit antara Real dan Barca kembali tersaji di semifinal leg 1 Liga Champions, dini hari tadi. Rivalitas antara kedua kubu membuat para pemain tak jarang bertikai. Kiper kedua Barca, Jose Manuel Pinto terlibat pertikaian dengan pemain Madrid, Alvaro Arbeloa jelang masuk ke lorong ganti pemain.

Pertikaian ini memicu kerusuhan massal melibatkan para pemain timnas Spanyol yang berada di kedua kubu. Pinto akhirnya mendapatkan kartu merah dari wasit.

"Saya khawatir dengan pertikaian yang terjadi dengan para pemain saya selama laga El Clasico. Saya berharap itu takkan berulang di kamar ganti (locker room) timnas," kata Del Bosque kepada Marca.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

"Jika tidak, itu bisa merusak timnas. Karena hubungan baik di locker room menjadi basis sukses kami di masa depan."

Pelatih Madrid, Jose Mourinho dan rivalnya Pep Guardiola juga terlibat adu mulut jelang laga El Clasico jilid IV musim ini. Bahkan, Guardiola mulai membalas perang kata-kata Mou dengan perkataan kasar pula. Pertikaian kedua pelatih ini bisa menjadi alat provokasi ampuh para pemain kedua tim.

Keprihatinan juga dilontarkan defender Villarreal dan timnas Spanyol, Carlos Marchena. Ia berharap rekan-rekan setimnya di timnas tak bertindak bodoh dalam laga El Clasico marathon yang terjadi empat kali dalam 18 hari. El Clasico V akan digelar di kandang Barca, Camp Nou yang juga leg 2 semifinal Liga Champions, 3 Mei 2011.

"Anda harus cerdik dan ingat bahwa kepentingan timnas di atas segalanya," seru Marchena.

Selama ini, pertikaian antara kubu El Real dan Barca memang menjadi isu hangat di kamar ganti timnas Negeri Matador. Bahkan, itu sudah dicap sebagai penghalang untuk melahirkan prestasi meski timnas Spanyol dihuni para pemain berbakat.

Baru di era Luis Aragones dan Del Bosque, sentimen itu bisa diredam. Buktinya, Aragones bisa menyatukan ego para pemain Spanyol dengan
menjadi juara Euro 2008. Sedangkan Del Bosque mempersembahkan gelar juara Piala Dunia 2010.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024