Era Keemasan Barcelona Dimulai dari Ronaldinho

Sumber :
  • FC Barcelona
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Mantan pemain Barcelona asal Brasil, Edmilson mengatakan, era keemasan Blaugrana di Eropa dan dunia dalam satu dekade terakhir tidak terlepas dari peran penting seorang Ronaldinho.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Ketika Edmilson masih di Camp Nou, Barca baru mengoleksi satu trofi Liga Champions. Tapi kemudian, dalam satu dekade terakhir sejak Ronaldinho datang, Barcelona sukses meraih empat trofi Liga Champions.
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


"Ini semua dimulai oleh Ronaldinho. Klub ini terus menguat sejak dia datang. Sebelumnya, Barcelona adalah klub yang tidak memiliki motivasi, namun Ronaldinho merevitalisasi cara klub ini bermain," kata Edmilson dilansir
Tribal Football
.


Ronaldinho mulai bergabung ke Barcelona pada musim 2003 dari Paris Saint Germain. Tiga tahun berselang, Barcelona asuhan Franck Rijkaard yang diperkuat Ronaldinho sukses menjadi kampiun di Liga Champions 2006.


Meski ditinggalkan Ronaldinho pada musim 2008, Barcelona mampu melanjutkan sukses mereka di bawah asuhan pelatih anyar Pep Guardiola. Peran Ronaldinho pun bisa digantikan dengan baik oleh Lionel Messi hingga kini.


"Kehadiran Ronaldinho adalah langkah awal, dan mental juara sudah terbangun sejak saat itu. Guardiola yang selanjutnya menyempurnakan. Disusul Luis Enrique yang memadukan gaya Rijkaard dan Pep," ujar Edmilson.  (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya