Kata Pele Usai Timnas Brasil Catat Sejarah Olimpiade

Timnas Brasil juara Olimpiade 2016
Sumber :
  • REUTERS/Yves Herman

VIVA.co.id – Brasil akhirnya mampu merengkuh medali emas Olimpiade di cabang sepakbola untuk pertama kalinya. Neymar cs sukses mengalahkan Jerman di laga final Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, lewat drama adu penalti.

Peraih Medali Emas Olimpiade Tersandung Kasus Doping, Pilih Pensiun

Duel sengit mewarnai jalannya laga final antara Brasil dan Jerman di Stadion Maracana, Minggu 21 Agustus 2016 dini hari WIB. Sempat unggul lewat tendangan bebas Neymar menit 27, Jerman kemudian mampu menyamakan kedudukan lewat Max Meyer menit 59.

Setelah bermain imbang di waktu normal dan babak perpanjangan waktu, kedua tim harus melakoni drama adu penalti untuk menentukan pemenang. Hasilnya, Brasil sukses memenangkan adu penalti dengan skor 5-4.

Sri Wahyuni, 'Wonder Woman' di Pentas Olimpiade

Satu penendang Jerman, Nils Petersen, gagal menaklukkan kiper Brasil, Weverton. Kapten Brasil, Neymar, menjadi penentu kemenangan Selecao dalam laga ini.

Kesuksesan Brasil mencatat sejarah baru di ajang Olimpiade, mengundang pujian sang legenda hidup, Edson Arantes do Nascimento alias Pele.

Peraih Medali Olimpiade Diskors karena Hina Islam

Lewat akun Twitter pribadinya, pria berusia 75 tahun ini menyambut gembira kesuksesan negaranya menyabet medali emas di cabang sepakbola. Satu hal yang belum pernah diraihnya, meskipun ia sukses mendaratkan tiga gelar Piala Dunia (1958, 1962, 1970).

"Saya punya begitu banyak kenangan di Maracana, dan hari ini satu hal baru telah tercipta. Akhir yang sempurna di Olimpiade. Brasil menunjukkan keunggulan baik di dalam dan di luar lapangan," ujar Pele dikutip Soccerway.

Brasil sebelumnya senantiasa kandas di babak final Olimpiade. Tim Samba sempat menembus partai final di tahun 1984, 1988, dan 2012.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya