Legenda Jerman Akhirnya Putuskan Pensiun

Pemain Bayern Munich, Philipp Lahm
Sumber :
  • REUTERS/Michaela Rehle

VIVA.co.id – Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm, memutuskan pensiun pada akhir musim ini, satu tahun sebelum kontraknya dengan juara Jerman itu habis.

29 Tim Ini Lolos ke Piala Dunia Antarklub 2025, Tinggal 3 Tiket Lagi

Lahm merupakan pemain produk akademi Bayern dan telah bermain 501 pertandingan buat Die Rotten sejak 2002. Ia merupakan tulang punggung permainan Bayern.

Namun, Lahm memutuskan untuk tidak terus bermain di level tertinggi karena kondisi tubuhnya yang sudah tidak bisa mengimbangi.

Bayern Munich Resmi Dilatih Vincent Kompany

"Saya akan mengakhiri karier saya akhir musim ini," ujar Lahm usai kemenangan Bayern atas Wolfsburg di babak 16 besar DFB-Pokal semalam.

"Saya telah memberitahukan keputusan ini pada pihak klub. Saya akan meneruskan kepemimpinan saya, memberikan yang terbaik tiap hari di latihan, sampai akhir musim. Saya bisa melakukannya musim ini tapi tidak setelahnya," tuturnya.

Resmi, Hansi Flick Jadi Pelatih Barcelona

Lahm masuk ke dalam jajaran pemain Jerman paling sukses, setelah berhasil nyaris semua trofi besar bersama klub maupun timnas. Tujuh gelar Bundesliga, trofi Liga Champions, dan sebuah trofi Piala Dunia adalah di antaranya.

Sebelumnya, pemain 33 tahun ini lebih dulu mundur dari Timnas Jerman usai Piala Dunia 2014 lalu di Brasil, usai menjadi juara dunia.

Lahm masih memiliki peluang menutup kariernya dengan gelar juara musim ini, karena Bayern masih kokoh di puncak klasemen Bundesliga dan masih dalam perebutan gelar juara Liga Champions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya