Kompol Ronaldo Maradona dan 5 Titisan Legenda Sepakbola di Indonesia

Kasat Narkoba Polres Jakbar, Kompol Ronaldo Maradona
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menancapkan hegemoninya di panggung sepakbola dunia, pecinta sepakbola lebih dulu disihir penampilan menawan dua bintang Amerika Latin.

Maroko Dapat Restu Ronaldo untuk Juara Piala Dunia 2022

Dia adalah legenda Timnas Brasil, Ronaldo Luís Nazário de Lima, dan ikon Timnas Argentina, Diego Maradona. 

Ronaldo pernah membela klub besar seperti Barcelona, Inter Milan, Real Madrid dan AC Milan. Pemain berjuluk The Phenomenon pernah 2 kali meraih Ballon d’Or dan 3 kali pemain terbaik versi FIFA.

Pengakuan Mengejutkan Ronaldo, Dibenci Jutaan Ibu di Dunia akibat Rambut

Ronaldo memenangi 2 trofi Piala Dunia bersama Brasil tahun 1994 dan 2002, menjadi pemain terbaik Piala Dunia 1998 dan top skor Piala Dunia 2002.

Ronaldo juga merupakan pencetak gol terbanyak kedua di timnas Brasil dengan 62 gol di bawah Pele yang mencetak 77 gol.

Nasib Brasil di Piala Dunia 2022 Jadi Tanggung Jawab Neymar, Kok Bisa?

Sedangkan Maradona, pernah memperkuat Napoli dan Barcelona. Maradona sukses membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 1986 dan runner up di tahun 1990.

Yang paling melekat dalam dirinya adalah gol Tangan Tuhan saat melawan Inggris di perempat final Piala Dunia 1986. 

Bersama Pele, Maradona dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia abad 20 dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Jika Ronaldo dan Maradona merupakan dua orang legenda sepakbola, di Indonesia Ronaldo Maradona merupakan seorang yang paling ditakuti jaringan narkoba.

Ya, dia adalah Komisaris Polisi Ronaldo Maradona Timbul Parasian Parsaoran Siregar. Ronaldo menjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba di Polres Jakarta Barat.

Ronaldo dan timnya berhasil mengungkap peredaran narkoba jaringan internasional dengan menyita 18 Kg sabu.

Ada kisah menarik mulanya Ronaldo memiliki nama mirip dua legenda sepakbola. Dia menceritakan lantaran saat masih di dalam kandungan, ibu dan ayahnya menononton sepakbola.

"Kebetulan pemainnya Maradona. Jadi kalau Maradona bikin gol, akan dikasih nama Maradona, Eh kejadian deh Maradona cetak gol. Ini sih menurut cerita ortu saya," kata Ronaldo kepada VIVA.

Namun menariknya, nama Ronaldo yang diberikan orang tuanya bukan dari Ronaldo Brasil, melainkan nama dari sang kakek.

"Karena juga ngafans berat sama Presiden Amerika yang juga artis koboi, Ronald Reagan. Cuma supaya enak didengar katanya ditambahkan O, jadi Ronaldo," ucap dia.

Di Indonesia, sejatinya bukan cuma Ronaldo Maradona yang memiliki nama mirip legenda sepakbola. Sejumlah pesepakbola Indonesia pun memiliki nama yang familiar, khususnya pecinta sepakbola sejati.

Siapa saja mereka? Berikut Kompol Ronaldo Maradona dan 5 Titisan Legenda Sepakbola di Indonesia:

1. Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre

Pemain Persipura dan Timnas Indonesia U-23 ini menjadi idola baru masyarakat Indonesia setelah aksinya yang mengobrak-abrik pertahanan lawan dan tiga golnya ke gawang Qatar dalam gelaran Piala Asia U-19 2018.

2. Maldini Pali

Jika menyebut nama Maldini, yang terbayang tentu adalah bek tangguh AC Milan, Paolo Maldini. Uniknya di Indonesia, Maldini merupakan seorang gelandang. Nama Maldini Pali melambung saat Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF 2013. 

Ketika itu, Maldini menjadi salah satu pemain penting bersama Evan Dimas, Ilham Udin Armayn dan Paolo Sitanggang.

Sayangnya, kerier Maldini perlahan meredup. Di saat sebagian besar rekan-rekannya berlaga di Liga 1, Maldini berjuang bersama Kalteng Putra di Liga 2.

3. Gianluca Pagliuca Rossy

Kiper Timnas Indonesia U-19 ini mengingatkan kita pada legenda kiper Italia, Gianluca Pagliuca. Rossy mengakui nama tersebut melekat padanya karena sang ayah seorang fans Gianluca Pagliuca.

“Ayah saya ngefans dengan kiper legendaris Timnas Italia dan Inter Milan, Gianluca Pagliuca," ucap Rossy.

4. Beckham Putra

Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kiri) saat melawan Iran.

Gelandang Timnas Indonesia U-19 dan Persib Bandung ini memiliki nama yang sama dengan legenda Manchester United dan Timnas Inggris, David Beckham.

"Iya betul sekali karena pas Beckham di Manchester United tahun 2001 lagi bagus. Langsung bapak ngasih nama Beckham hanya diilangin David-nya," kata Beckham.

5. Sutan Zico

Sutan Diego Armando Ondriano Zico begitulah nama lengkap pemain Persija U-20 dan Timnas U-19 ini. Sekilas, nama pemain 18 tahun tersebut mirip dengan legenda Brasil, Zico. 

Namun, keduanya bermain di posisi yang berbeda karena Sutan Zico adalah penyerang, sedangkan Zico bermain di posisi gelandang.

Baca Juga:

Bek Gratis Tottenham Bisa Bikin Pertahanan MU Tahan Banting
Mengerikan, Mike Tyson Mau Tendang Bokong McGregor
Ini Belum Apa-apa, MU dan Bruno Fernandes Akan Lebih Mengerikan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya