Fakta Unik: Kenapa Banyak Pemain Rentangkan Tangan saat Selebrasi Gol?

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, rayakan gol.
Sumber :
  • https://twitter.com/UEFAEURO

VIVA – Selebrasi gol pemain dengan merentangkan tangan sering kali terlihat dalam sebuah pertandingan. Kenyataannya, selebrasi gol dengan merentangkan tangan merupakan reaksi manusiawi yang sulit dikontrol. 

2 Sundulan Berkelas Masuk Jajaran Gol Terbaik Liga 1

Seperti dilansir Soccer Stories, Kamis 10 September 2020, ketika seorang pemain merasakan gelombang besar kepercayaan diri, secara alamiah mereka mencoba membuat dirinya 'lebih besar'.

Baca: Satu Kelebihan Messi yang Ingin Dimiliki Ronaldo

Sundulan Akurat Bepe Masuk Jajaran Gol Terbaik Liga 1

Mereka berusaha menguasai ruang lebih besar karena mereka merasa penting usai mencetak gol. Itulah yang terjadi ketika seorang pemain meluapkan kegembiraan usai mencetak gol.

Mereka merasa besar sehingga berusaha membuat diri mereka 'besar'. Dorongan ego dalam diri membuat mereka merentangkan tangan usai mencetak gol. Dan penonton akan sadar hal ini lebih banyak terjadi dalam pertandingan yang penting.

Gol Kejut Vendry atas Persib Terbaik di Liga 1

Winger Liverpool, Mohamed Salah

Striker Liverpool, Mohamed Salah selebrasi seperti ini saat mencetak gol di final Liga Champions. Cristiano Ronaldo juga melakukan yang sama saat mencetak gol lewat tendangan bebas kala Timnas Portugal menghadapi Timnas Spanyol di Piala Dunia.

Semakin penting dan besar sebuah pertandingan, maka semakin besar tensinya. Begitu pula dengan kegembiraan seorang pemain usai mencetak gol di laga itu. Pasalnya, para pemain mencoba melepas tekanan saat kepercayaan diri melambung.

Zlatan Ibrahimovic merayakan gol untuk AC Milan

Merentangkan tangan juga bisa menjadi demonstrasi atas kepercayaan diri serang pemain kepada pemain lain. Di momen kebahagiaan ini, nyaris emosi pemain tidak terkontrol. Mereka merentangkan tangan ke rekan setim dan fans.

Alhasil, ketika seorang pemain melakukan selebrasi gol seperti ini, maka kita akan mengetahui bahwa pemain tersebut sedang memiliki kepercayaan diri tinggi yang ekstrim. Bukti bahwa bahasa tubuh tidak bisa berbohong.

Kapten dan bintang Barcelona, Lionel Messi

Di sisi lain, ketika kebobolan atau menelan kekalahan, kepercayaan diri seorang pemain terpukul. Dan tubuh mereka menjadi lebih ‘tertutup’. Bagaimanapun tingkat pertandingannya, reaksinya nyaris sama buat semua pemain.

Sementara itu, meski mayoritas pemain berlari tidak terkontrol dan merentangkan tangan usai mencetak gol, ada beberapa pemain yang memiliki cara sendiri dalam melakukan selebrasi. 

Seperti yang dilakukan Cristiano Ronaldo striker Juventus, Paulo Dybala, superstar Barcelona, Lionel Messi, hingga bintang PSG, Kylian Mbappe yang memiliki selebrasi ikonik berbeda.

Bomber Juventus, Paulo Dybala bobol gawang Inter Milan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya