Ronaldo Hingga Messi, 5 'Kembaran' Bintang Dunia di Indonesia

Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh.
Sumber :
  • instagram.com/maduraunited.fc

VIVA – Sepakbola Indonesia kembali bergeliat. Turnamen Piala Menpora diselenggarakan setelah hampir setahun tak ada pertandingan sepakbola karena pandemi COVID-19.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Bicara mengenai kualitas, sepakbola Indonesia masih sulit bersaing di pentas dunia. Dilihat dari peringkat dunia FIFA, Tim Merah Putih ada di posisi ke-173.

Namun, ternyata Indonesia memiliki kembaran bintang top dunia. Dari Ronaldo hingga Messi, pernah tampil di Indonesia.

Jose Mourinho Pilihan yang Tepat bagi Barcelona

Berikut lima kembaran bintang top dunia di Indonesia:

1.  Ronaldo Joybera Kwateh (Madura United)
Bicara mengenai Ronaldo, publik tentunya langsung teringat pada sosok megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Indonesia juga memiliki Ronaldo yakni pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh.

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Ronaldo dipercaya pelatih MU, Rahmad Darmawan saat menghadapi PSS Sleman di laga Grup C Piala Menpora, Selasa 23 Maret 2021. RD memuji permainan pemain 16 tahun tersebut.

"(Ronaldo) Kwateh memang terus kita berikan kesempatan dan ini pemain jangka panjang kita, kalau dia menunjukan performa bagus kita turunkan sesuai dengan kualitasnya," kata Rahmad. 

"Hari ini dia hampir menyelesaikan satu peluang, secara keseluruhan dia main di ajang cukup besar dan usia belum 17 tahun masih 16 tahun, saya ingatkan agar dia tidak cepat puas agar dia bisa main lebih baik," lanjutnya. 

2. Todd Rivaldo Ferre (Persipura Jayapura)
Rivaldo dikenal sebagai legenda Timnas Brasil. Indonesia memilikinya dalam sosok pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre. Todd tengah dipinjamkaN Persipura ke klub Thailand, Lampang FC.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Nama Rivaldo diberikan ayah saya karena ayah mengidolakan salah satu legenda Brasil. Akhirnya ayah saya menamakan saya Rivaldo, mirip nama pemain Brasil tersebut," kata Rivaldo Ferre di channel Youtube Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), berjudul My Favourite Match: Super-sub Todd Rivaldo Ferre’s 16-minute hat-trick.

3. Maldini Pali (Kalteng Putra)
Paolo Maldini terkenal sebagai bek tangguh AC Milan, pada 1985 hingga 2009. Rossoneri menjadi satu-satunya klub yang dibela sepanjang kariernya.

Photo :

Indonesia juga memiliki sosok Maldini. Dia adalah Maldini Pali yangkini membela klub Liga 2, Kalteng Putra. Nama Maldini sempat melejit saat membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF 2013.

4. Beckham Putra (Persib Bandung)
Gelandang Timnas Indonesia U-19 dan Persib Bandung ini memiliki nama yang sama dengan legenda Manchester United dan Timnas Inggris, David Beckham.

Photo :
  • instagram.com/beckham_put7

"Iya betul sekali karena pas Beckham di Manchester United tahun 2001 lagi bagus. Langsung bapak ngasih nama Beckham hanya diilangin David-nya," kata Beckham.

7. Mbida Messi (eks Persib Bandung)
Lionel Messi tercatat sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Dia sudah merebut enam Ballon d'Or dan sederet gelar bergengsi.

Ternyata, Messi pernah bermain di Indonesia. Di musim 2012/13, Persib Bandung pernah mendatangkan Messi.

Photo :
  • ANTARA

Yang mendarat di Bandung tentu saja bukan Lionel Messi. Tapi, pemain asal Kamerun, Mbida Messi.

Kualitas Mbida Messi jauh berbeda dari Lionel Messi. Hanya bertahan semusim di Persib, dia sempat memperkuat Persiram Raja Ampat. Terakhir, Messi membela klub Angola, Porcelana pada 2016 dan kini dia sudah pensiun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya