Espanyol dan Tim Australia Ikuti Asiana Cup 2022

Asiana Cup 2022 resmi digelar
Sumber :
  • Asiana Cup 2022

VIVA Bola– Sejumlah tim luar negeri tampil di Turnamen usia dini bertajuk Asiana Cup 2022 24-28 November 2022 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Turnamen mempertandingkan U-11 dan U-12 itu diikuti oleh tujuh negara dan berakhir pada 27 November 2022.

Adapun tim luar negeri yang bertanding itu yakni Arsede Espanyol (Spanyol), Victoria Melbourne (Australia), TFA Academy (Thailand), Makati (Filipina), Lion City Academy (Singapura), dan Kontingen Korea Selatan.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Mereka akan bersaing dengan tim lokal seperti Farmel FC, Persib Junior, Bina Taruna, Serpong City, dan tim dari Medan.

Presiden Direktur Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita, mengatakan Asiana Cup sudah mulai digelar sejak 2016 dengan mempertandingkan tim-tim asal Indonesia.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Seiring berjalannya waktu, Asiana Cup berani mengundang tim-tim dari Asia Tenggara, Australia, hingga untuk pertama kalinya diikuti klub Eropa.

Galih mengatakan pihaknya menggelar turnamen ini untuk mencari talenta-talenta pesepakbola muda Indonesia.
Turnamen ini digelar bukan hanya untuk menang dan kalah, tetapi lebih ke pengalaman bertanding.

Format pertandingan di Asiana Cup 2022 ini juga berbeda dengan turnamen-turnamen lainnya di Indonesia. Asian Cup 2022 tidak mengadakan final dan lebih menggunakan format kompetisi dengan sistem ketemu antar tim.

"Sejak pindah dari turnamen lokal ke internasional, tugas Asiana Cup ini simpel yakni memperkenalkan Indonesia ke luar negeri dan mendatangkan klub luar negeri ke Indonesia."

"Biasanya kami yang selalu ikut turnamen di luar negeri, saya cape dan saya ingin adanya turnamen internasional usia dini di Indonesia, itulah Asiana Cup," ucap Galih, Kamis (24/11/2022).

Galih juga mengatakan tidak mudah bagi Asiana Cup 2022 mengundang klub-klub luar negeri. Sebab, turnamen ini digelar bukan dalam waktu libur sekolah dan masih ada ancaman Covid-19.

Selain itu biaya perjalanan dari Spanyol ke Indonesia juga sangat mahal. Meski begitu, Galih apresiasi sikap klub-klub luar negeri yang tetap ingin ambil bagian di Asiana Cup 2022.

"Insya Allah ini yang membuat kami akan melakukan kegiatan ini setiap tahun. Ini untuk pertama kalinya kami mengundang tim Eropa dan mereka datang," ucapnya.

"Tahun lalu kami hanya mengundang tim Asia Tenggara dan Australia saja, lalu kami buka ke Korea Selatan dan Eropa, terbukti mereka mau," jelas Galih.

Meskipun mempertandingkan usia muda, Asiana Cup 2022 juga memperebutkan tropi. Menurut Galih, menang atau kalah adalah bonus, yang paling penting itu pengalaman, terutama untuk tim-tim dari Indonesia.

"Saya ingin mereka dari usia dini sudah merasakan pertandingan laga-laga besar dengan tim elit dari luar negeri di Indonesia."

"Ini suatu dorongan besar untuk anak-anak Indonesia, jadi mereka punya motivasi lebih dan bisa membanggakan Indonesia," ucap Galih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya