Tuah 'Skuad Tua' Wakil Italia di Final Liga Champions

Pemain Juventus merayakan kemenangan atas Real Madrid
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
- Fakta menarik berpotensi tercipta di final Liga Champions pada 6 Juni mendatang di Berlin. Juventus berpeluang untuk melanjutkan rekor klub-klub Italia yang menjadi juara dengan mengandalkan 'skuad tua'.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Jika kembali menurunkan komposisi pemain yang sama saat menyingkirkan Real Madrid di semifinal, pekan lalu, maka skuad Juventus akan menjadi 'skuad tertua' ketiga dalam sejarah final Liga Champions.
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


Dilansir laman olahraga Spanyol, Sport, Selasa 19 Mei 2015, 11 pemain starter Juventus kala itu memiliki usia rata-rata 30 tahun, 21 hari. Tercatat ada enam pemain Juve yang berusia di atas 30 tahun.


Juventus players  ages


Pemain tertua yakni Gianluigi Buffon (37 tahun), disusul Andrea Pirlo (35 tahun). Pemain termuda ditempati striker asal Spanyol, Alvaro Morata (22 tahun) dan gelandang muda Prancis, Paul Pogba (22 tahun). 


Dari catatan sejarah, skuad tua Juventus ini hanya kalah tua dari dua klub Italia lainnya kala berlaga di final Liga Champions, yaitu AC Milan (2007 - 31 tahun, 35 hari) dan Internazionale (2010 - 30 tahun, 90 hari).


Menariknya, Milan dan Inter sukses menjadi juara dengan skuad tua mereka. Sehingga, skuad tua ternyata memiliki tuah tersendiri bagi klub-klub Italia jika berlaga di kancah Eropa. Tentunya, Juventus berharap hal itu bisa berlanjut musim ini.


Banyak yang memandang remeh skuad berisi mayoritas pemain tua. Namun, tak bisa dipungkiri, walau tak memiliki fisik sebaik pemain muda, para pemain tua punya kelebihan karena lebih matang dan banyak pengalaman. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya