Eks Timnas Malaysia Jadi Aktor Pengaturan Skor Indonesia?

Jawahir Saliman (nomor 12/pojok kiri bawah)
Sumber :
  • Bola Sepak
VIVA.co.id
Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3
- Dalam beberapa hari terakhir, isu pengaturan skor tengah merebak di sepakbola tanah air. Belakangan, muncul satu nama yang disebut-sebut sebagai orang yang paling bertanggung jawab. Betulkah Jawahir Saliman? Siapa dia?

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Nama Jawahir muncul setelah eks pelatih Persipur Purwodadi, Gunawan, mengungkap nama aktor pengaturan skor di tanah air tersebut. Ia diketahui mantan pemain di Liga Malaysia.
Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan


(Baca Juga:
)


Siapakah nama Jawahir? Bagaimana sepak terjangnya di sepakbola?
VIVA.co.id
pun menemukan beberapa informasi mengenai Jawahir lewat penelusuran di dunia maya.


Menurut situs
RSSSF
, Jawahir adalah salah satu pemain Trengganu FA pada era 1990-an dan digadang-gadang sebagai salah satu bek terbaik klub tersebut. Namun, karirnya berantakan setelah tersandung kasus suap yang melanda Liga Malaysia pada 1994.


Nama Jawahir pun sempat masuk ke dalam tim nasional Malaysia yang tampil di Asian Games 1994. Ketika itu, namanya masuk ke dalam skuad pelatih tim "Harimau Malaya" asal Prancis, Claude Le Roy, dan juga dalam kualifikasi Olimpiade 1996.


Rekan-rekan satu tim Jawahir ketika itu pun cukup tenar. Salah satu pemain yang sempat satu tim dengannya adalah pelatih Timnas Malaysia saat ini, Dollah Saleh, juga pelatih Timnas U-23 Malaysia, Ong Kim Swee.


Pada tahun 1994, Liga Malaysia memang diterpa kasus pengaturan skor yang melibatkan 126 pemain dan pelatih. 58 di antaranya dijatuhi sanksi selama satu sampai empat tahun, sementara 21 pemain dan pelatih diberikan sanksi seumur hidup, oleh Federasi Sepakbola Malaysia (FAM).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya