Kontroversi Daftar Kandidat Ballon d'Or 2015

Gelandang Chelsea, Oscar bertubrukan dengan kiper Arsenal, David Ospina
Sumber :
  • Reuters / John Sibley Livepic

VIVA.co.id - Daftar 59 kandidat peraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia, Ballon d'Or, 2015 yang diumumkan FIFA langsung memicu kontroversi. Banyak yang menilai sejumlah nama tidak pantas masuk daftar tersebut.

Beberapa yang masuk daftar memang membuat sejumlah pihak mengernyitkan dahi. Banyak nama asing yang tidak dikenal publik, masuk daftar dan menggeser bintang ternama.

Tengok saja bagaimana pemain seperti gelandang Queens Park Rangers (QPR), Massimo Luongo, yang masuk daftar. Di saat bersamaan, gelandang Spanyol milik Manchester City, David Silva, tidak masuk daftar.

Terkait Luongo, FIFA mungkin punya alasan kuat. Sebab, pemain berusia 23 tahun asal Australia itu menjadi Pemain Terbaik di Piala Asia 2015. Namun, tetap saja banyak yang memprotes keputusan tersebut.

Kontroversi lainnya adalah dengan tidak masuknya kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon, dalam daftar. Buffon malah kalah bersaing dengan kiper kedua Arsenal, David Ospina, yang masuk daftar kandidat.

Sejumlah kontroversi ini pun disambut ejekan dari banyak pihak. Salah satunya laman asal Inggris, Bleacher Reports, yang membuat skuad tandingan berisi 11 pemain bintang yang tidak masuk daftar.

11 pemain bintang tersebut dibandingkan dengan 11 pemain dianggap terburuk yang masuk daftar kandidat Ballon d'Or 2015.

11 pemain terburuk di daftar Ballon d'Or 2015:
David Ospina, Sergio Ramos, Nicolas Otamendi, Giorgio Chiellini, David Alaba, Christian Atsu, Massimo Luongo, Gary Medel, Dos Santos, Shinji Okazaki, Guerrero

11 bintang yang gagal masuk daftar Ballon d'Or 2015:
Gianluigi Buffon, Jordi Alba, Gerard Pique, Vincent Kompany, Philipp Lahm, Marco Reus, Sergio Busquets, Marco Verrati, Mesut Oezil, David Silva Gonzalo Higuain.
(One)

Presenter Cantik: Ronaldo Ternyata Bersahabat dengan Neymar
Gelandang Manchester United, Paul Pogba

Ballon d'Or, Target Utama Pogba Usai Gabung MU

Pogba kembali ke MU dengan status pemain termahal dunia.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016