Skuad Luar Biasa Aston Villa Jika Tak Jual Pemain Bintang

Gary Cahill saat membela Aston Villa
Sumber :
  • www.expressandstar.com

VIVA.co.id - Aston Villa masih mendekam di juru kunci klasemen Premier League. Memasuki pekan 26, The Villans baru mengoleksi 16 poin.

Raihan ini tentu saja mengecewakan. Pasalnya, Villa termasuk salah satu klub bersejarah di Inggris. Mereka merupakan salah satu dari 7 tim yang belum pernah merasakan degradasi, sejak Premier League dihelat pada 1992-93.

(Baca juga: Daftar Tim yang Belum Terdegradasi di 6 Liga Top Eropa)


Villa pernah menyabet 7 titel Liga Inggris, 7 Piala FA, 5 Piala Liga, dan 1 European Cup atau Liga Champions. Tentu, jika sampai terdegradasi, akan mencoreng prestasi klub yang berbasis di Birmingham ini.

Padahal, sebenarnya Villa sempat memiliki pemain luar biasa yang kini membela tim lain. Andai para pemain ini masih di Villa Park, tentu prestasi Villa tak seburuk musim ini.

Berikut skuad luar biasa Villa jika tak jual pemain bintang:

1. Penjaga gawang

Liverpool Ubah Posisi Milner Jadi Bek Sayap?

Di posisi ini, ada Boaz Myhill yang mulai menimba ilmu di akademi Villa pada 1994, saat berusia 12 tahun. Namun, Myhill tak sekalipun dipercaya turun di tim senior Villa. Dia beberapa kali dipinjamkan ke klub lain.

Pada 2003, Mhyill hengkang ke Hull City, yang saat itu masih tampil di Divisi III. Pemain asal Wales ini terus menjadi andalan The Tigers, sampai hengkang ke West Bromwich Albion pada 2010.

Sejak saat itu, Myhill terus menjadi andalan di bawah mistar gawang West Brom. Pemain 33 tahun ini sudah 74 kali membela West Brom di semua kompetisi.

Pada 24 Juli 2015 lalu, Myhill menandatangani perpanjangan kontrak bersama The Baggies, hingga musim panas 2017.




2. Pemain Belakang

Bek andalan Chelsea, Gary Cahill pernah menimba ilmu di akademi Villa pada 2000. Cahill membela tim senior Villa pada 2004 hingga 2007, dengan torehan 1 gol dari 31 penampilan.

Sejak Januari 2012, Cahill membela Chelsea. Pemain 30 tahun ini menjadi sosok tak tergantikan di lini belakang The Blues, dengan torehan 15 gol dari 180 penampilan. Cahill sukses mempersembahkan berbagai gelar untuk Chelsea, termasuk Premier League, Paial FA, Piala Liga, Liga Champions dan Liga Europa.

Selanjutnya, ada Philippe Senderos yang membela Villa di musim 2014-15. Sayang, pemain berpengalaman asal Swiss ini beberapa kali berkutat dengan cedera dan harus absen membela Villa.

LIVE MATCH: MU Unggul Tipis Atas Villa di Babak I

Akhirnya pada 27 Januari 2016, Senderos memutuskan mengakhiri kontrak bersama Villa dengan keputusan bersama. Mantan pemain Arsenal dan AC Milan ini memilih bergabung dengan klub Swiss, Grasshopper.

Bek tangguh lainnya adalah James Collins, yang membela Villa selama 3 musim, pada 2009 dengan 2012. 6 gol dari 108 penampilan disumbangkan Collins untuk Villa.

Sayang, pada 2012, Collins memilih bergabung dengan klub lamanya, West Ham United. Dia menjadi andalan The Hammers, dengan 4 gol dari 98 penampilan.



3. Pemain Tengah

Tom Cleverley pernah satu musim berseragam Villa. Di musim 2014-15, Manchester United meminjamkan Cleverley ke Villa Park.

3 gol dari 37 penampilan disumbangkan Cleverley selama membela Villa. Sejak musim panas 2015, Cleverley berlabuh di Everton dan menandatangani kontrak 5 tahun.

Masih di posisi tengah, ada Marc Albrighton yang kini menjadi kunci Leicester City memuncaki klasemen Premier League. Sebelum membela The Foxes, pemain 26 tahun ini tercatat sebagai pemain Villa.

Albrighton meniti karir di tim akademi Villa pada 1998, di usia 8 tahun. Dia lalu tampil di tim utama pada 2009 hingga 2014. Pada Mei 2014, Albrighton pindah ke Leicester yang baru saja promosi, untuk kali pertama dalam satu dekade.

Gelandang Liverpool, James Milner pernah membela Aston Villa. Di musim 2005-06, Milner bergabung dengan Villa sebagai pemain pinjaman dari Newcastle United.

Selanjutnya, pada 2008, Milner bergabung dengan Villa dengan nilai transfer £12 juta. Pemain 30 tahun ini 3 musim membela Villa sebelum dijual ke Manchester City. Di awal musim ini, Milner bergabung dengan Liverpool.

Winger andalan Manchester United, Ashley Young juga pernah membela Villa. Pemain internasional Inggris ini membela The Lions pada 2006-2011 dengan torehan 38 gol dari 190 penampilan.

Di Juni 2011, Young resmi bergabung dengan MU. Hingga kini, dia menjadi andalan Setan Merah di posisi sayap.




4. Penyerang

LIVE MATCH: Susunan Pemain MU Vs Aston Villa

Di posisi penyerang, ada Christian Benteke yang membela Villa pada 2012 hingga 2015. Total 49 gol dari 101 penampilan disumbangkan pemain internasional Belgia ini untuk The Villans.

Awal musim ini, Villa menjual Benteke ke Liverpool dengan nilai transfer £32,5 juta. Benteke menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah Liverpool, di bawah Andy Carroll (dibeli dari Newcastle United seharga £35 juta pada 2011).

Selanjutnya, ada rekan setim Benteke di Liverpool, Daniel Sturridge. Sturridge pernah 4 tahun membela akademi Villa, sebelum hengkang ke Conventry City. Saat itu, Sturridge baru berusia 7 tahun.
Daniel Sturridge: scoring for England and playing for Cadbury Athletic, aged 8
Kini, Sturridge menjadi andalan di lini depan The Reds. Total, 45 gol disumbangkannya dalam 74 laga di semua kompetisi.

Penyerang hebat lain yang pernah dimiliki Villa adalah Robbie Keane. Keane pernah menghabiskan dua bilan pinjaman di Villa Park pada 2012.

Keane membela Villa sembari menunggu musim baru MLS digelar. Meski hanya sebentar, penyerang LA Galaxy ini mencetak 3 gol dalam 7 pertandingan untuk Villa.

Gelandang Liverpool, James Milner

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Dia merasa kalah saing dengan pemain muda di Inggris.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016