10 Fakta Menarik Jelang Duel Arsenal Vs Barcelona

Para pemain Barcelona merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Arsenal akan menjamu Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Emirates Stadium, Rabu, 24 Februari 2016, dini hari nanti. Bukan perkara mudah bagi El Barca untuk menaklukkan The Gunners di laga ini.

Ini bukan bentrokan yang pertama bagi Arsenal dan Barcelona di ajang Eropa. Sebelumnya, Arsenal berhasil menumbangkan El Barca 2-1 pada leg pertama babak 16 Liga Champions di musim 2010-2011.

Akan tetapi, Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil lolos ke babak perempat final setelah di leg kedua berbalik unggul dengan skor 3-1 di Nou Camp. Sementara pada musim sebelumnya, keduanya berjumpa di babak perempatfinal.

Lagi-lagi, Barcelona harus bekerja keras setelah di leg pertama usai ditahan imbang 2-2 oleh The Gunners di Emirates. Namun, pada akhirnya Barca kembali melaju ke babak semifinal setelah di leg kedua menang dengan skor telak 4-1.

Catatan tersebut membuat skuad Arsene Wenger bisa kembali memanfaatkan tuah Emirates Stadium pada laga nanti. Walaupun, secara keseluruhan Barcelona memiliki catatan cukup baik dari Arsenal dengan tiga kemenangan dari lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Champions.

Masih banyak fakta-fakta menarik jelang pertemuan kedua tim pada dini hari WIB nanti. Seperti yang dirangkum dari situs resmi UEFA:

1.  Arsenal adalah satu dari dua tim yang selalu lolos ke babak 16 Besar Liga Champions sejak musim 2003/2004. Akan tetapi, Arsenal selalu tersingkir di babak 16 besar di lima musim terakhir.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

2.  Barcelona sudah lolos ke babak 16 besar selama 12 tahun berturut-turut.

3. Barcelona dan Arsenal juga pernah bertemu di babak final Liga Champions 2006. Saat itu, Barca menang dengan skor 2-1.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

4. Barcelona sudah memenangkan empat  gelar Liga Champions dari 10 musim terakhir keikutsertaan mereka di Liga Champions.

5. Barcelona hanya kalah satu kali dari lima pertemuan terakhir mereka kontra Arsenal (M3 S1 K1)

6.  Arsenal selalu kalah di pertandingan kandang babak 16 besar Liga Champions dengan selisih dua gol di setiap pertandingan. Tapi, Arsenal selalu mencetak gol di 13 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

7. Barcelona memenangkan 15 dari 19 pertandingan Liga Champions semenjak musim lalu. Barcelona yang menyandang status juara bertahan juga selalu mencetak gol di 19 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.

8. Barcelona tengah berusaha mencapai babak perempat final yang ke-9 secara beruntun di Liga Champions.

9. Arsenal tengah berjuang melaju ke babak perempat final setelah terakhir kali meraihnya pada 2010 lalu. Sedangkan rekor kandang The Gunners saat menjamu tim-tim La Liga mencatatkan delapan kemenangan, tiga kali seri, dan dua kali menelan kekalahan.

10. Rekor tandang Barcelona ke Inggris tidak terlalu fantastis, yakni 8 kemanangan, 8 hasil imbang, dan 14 kali kalah. Begitu juga dengan hasil dua leg menghadapi tim-tim Inggris di turnamen UEFA, hingga saat ini Barca mencatat 13 kali menang dan 10 kali kalah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya