Skuad Luar Biasa Timnas Prancis dengan 'Pemain Terbuang'

Pemain Napoli, Gonzalo Higuain lahir di Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id - Sebagai tuan rumah, Timnas Prancis diharapkan bisa menjadi juara Piala Eropa 2016. Meskipun demikian, langkah Les Blees diprediksi tak akan mudah karena masih harus bersaing dengan tim-tim tangguh, dari mulai Jerman, Italia, Spanyol, Inggris, dan juga Belgia.

Sepanjang sejarah, Prancis 2 kali menjadi juara Piala Eropa. Setelah menjadi yang terbaik saat berstatus tuan rumah pada 1984, mereka juga kembali jadi juara pada 2000 di Belgia-Belanda.

Saat ini, sederet nama tenar membela Prancis. Sebut saja Paul Pogba (Juventus), Anthony Martial (Manchester United), Dimitri Payet (West Ham United), dan Antoine Griezmann (Atletico Madrid).

Skuad Prancis sebenarnya bisa semakin luar biasa dengan beberapa "pemain terbuang". Ada pemain bintang yang lahir di Prancis, namun mereka memutuskan untuk membela negara lain. Salah satunya adalah Gonzalo Higuain yang membela Argentina.

Siapa sajakah mereka? Berikut 11 pemain kelahiran Prancis yang membela negara lain, seperti dilansir L’Equipe:

Penjaga Gawang:

Anthony Lopes (Olympique Lyon/Portugal)
Di posisi ini, ada Anthony Lopes yang merupakan kiper kelahiran Givors, Prancis. Meski lahir di Prancis, Lopes memilih untuk membela Portugal.

Lopes merupakan sosok tak tergantikan di bawah mistar gawang Olympique Lyon sejak 2011. Sementara itu, di Timnas Portugal, pemain 25 tahun ini telah mengoleksi 2 caps. Dia berstatus sebagai kiper kedua, setelah Rui Patricio.



Pemain Belakang:

1. Aissa Mandi (Stade de Reims/Aljazair)

Pemain dengan nama yang unik ini lahir di Chalons-en-Champagne, Prancis. Meskipun demikian, pemain 24 tahun ini memilih untuk membela Timnas Aljazair

Mandi membela Reims sejak 2009. Sementara itu, di Timnas Prancis dia tampil sebanyak 17 kali. Mandi tampil membela Aljazair di Piala Dunia 2014 lalu.

2. Kalidou Koulibaly (Napoli/Senegal)
Koulibaly kini menjadi bek andalan Napoli dan berjuang merebut Scudetto musim ini. Pemain 24 tahun ini tampil 25 kali bersama Partenopei musim ini.

Koulibaly lahir di Saint-Dié-des-Vosges, Prancis. Sebenarnya, dia berpeluang untuk membela Les Bleus. Namun, Koulibaly lebih memilih membela Senegal, negara asal kedua orangtuanya.

3. Mehdi Benatia (Bayern Munich/Maroko)
Benatia merupakan bek tangguh yang kini membela Bayern Munich. Bersama Die Roten, dia sukses menyabet gelar Bundesliga 2014/15. Pemain 28 tahun ini juga pernah membawa AS Roma meraih runner-up Serie A 2013/14.

Sayangnya, Benatia yang lahir di Prancis tidak membela Timnas Prancis. Dia memilih untuk membela Timnas Maroko.

4. Faouzi Ghoulam  (Napoli/Aljazair)
Selain Koulibaly, ada juga pemain Napoli lain yang kelahiran Prancis. Dia adalah Faouzi Ghoulam, bek kiri yang selalu menjadi pilihan utama di I Partenopei.

Ghoulam sempat membawa Napoli meraih Coppa Italia 2013/14 dan Supercoppa Italia 2014. Meski lahir di Prancis, pemain 25 tahun ini memilih untuk membela Timnas Aljazair.




Pemain Tengah:

1. Riyad Mahrez (Leicester City/Aljazair)

Mahrez bisa dibilang sebagai salah satu pemain yang paling bersinar di Eropa saat ini. Pemain 25 tahun ini membawa Leicester yang semula tak diunggulkan, menjadi kandidat kuat juara Premier League musim ini.
Mahrez Dikaitkan dengan Barca dan Arsenal, Ini Kata Agennya
Mahrez mampu menciptakan 15 gol dan 11 assist di Premier League musim ini. Tentunya, lini tengah Prancis akan terasa luar biasa jika ada sosok Mahrez. Sayangnya, Mahrez yang lahir di Prancis memilih untuk membela Aljazair.

2. Adrien Silva (Sporting Lisbon/Portugal)
Pemain kelahiran Prancis lain di lini tengah adalah Adrien Silva. Meski lahir di Angoulême, Prancis, pemain 27 tahun ini memilih untuk membela Timnas Portugal.

Silva membela Sporting Lisbon sejak 2007. Total, dia mencetak 22 gol dari 159 penampilan bersama Sporting.

3. Andre Ayew (Swansea City/Ghana)
Selanjutnya, ada pemain internasional Ghana, Andre Ayew. Pemain Swansea City ini ternyata lahir di Seclin, Prancis.

Ayew selalu menjadi andalan di lini tengah Ghana. Dia sudah mencetak 11 gol untuk Ghana dari 66 penampilan.



Pemain Depan

1. Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund/Gabon)

Di lini depan, ada Pierre-Emerick Aubameyang yang tampil luar biasa musim ini. Pemain 26 tahun ini sudah mencetak 22 gol di Bundesliga, dan terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2015.

Aubameyang lahir di Laval, Prancis. Namun, dia memilih untuk membela Timnas Gabon.

2. Yacine Brahimi (Porto/Aljazair)
Brahimi merupakan pemain andalan Porto yang lahir di Paris, Prancis. Dua musim bersama Porto, pemain 26 tahun ini mencetak 19 gol dari 76 penampilan.

Brahimi sempat membela Prancis di level junior, dari mulai U-16, hingga U-21. Namun, di level senior, dia memilih untuk membela Timnas Aljazair.

3. Gonzalo Higuain (Napoli/Argentina)
Higuain lahir di Brest, Prancis. Namun, sejak usia 10 bulan, dia sudah meninggalkan tanah kelahirannya.

Higuain akhirnya terus menjadi andalan di lini depan Argentina, Tentunya, lini depan Prancis akan sangat mengerikan jika Higuain memutuskan untuk membela Les Bleus.

Musim ini, Higuain sedang tampil menggila. Mantan bomber Real Madrid ini sudah mencetak 27 gol di Serie A. Ini menjadikan sebagai bomber tersubur di 5 liga top Eropa bersama Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dan Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint-Germain). (one)
 

Prancis vs Inggris; Sepakbola Pulang ke Rumah atau Deschamps Cetak Rekor?
Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Timnas Prancis Cemas Bakal Dibikin Repot Pemain 'Bau Kencur' Inggris

Jelang laga, masing-masing kubu Timnas Prancis dan Inggris coba membaca kekuatan serta kelemahan.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2022