9 Fakta Menarik Jelang Duel Penentu Madrid Vs Wolfsburg

Reaksi pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, usai Wolfsburg cetak gol.
Sumber :
  • Reuters / Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id - Real Madrid dalam posisi tak baik kala menjamu Wolfsburg pada leg kedua perempatfinal Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu, 13 April 2016 dini hari WIB. Mampukah Los Blancos membalikkan keadaan dan menggenggam tiket semifinal?

Pada leg  pertama yang berlangsung di markas Wolfsburg, Los Blancos alami kekalahan dengan skor 0-2. Defisit dua gol membuat peluang skuad asuhan Zinedine Zidane melangkah ke babak selanjutnya cukup sulit.

Mereka setidaknya harus menang dengan keunggulan tiga gol, tanpa mengalami kebobolan sebiji gol pun. Madrid memang dikenal sebagai raja comeback usai takluk di leg pertama, bahkan kala itu mencuatkan kalimat terkenal soal keangkeran markas Madrid: '90 minuti en el Bernabeu son molto longo (90 menit di Bernabeu terasa lebih lama).

Pada 10 April 2002, menjadi terakhir kalinya Madrid bisa bangkit dari kekalahan di leg pertama. Setelah kalah 1-2 di leg pertama dari Bayern Munich di Jerman, Madrid sukses menang 2-0 di leg kedua di Santiago Bernabeu.

Namun sayangnya, dalam satu dekade terakhir, tradisi itu tidak terlihat lagi. Masih banyak fakta-fakta menarik lainnya yang berhasil dirangkum dari situs UEFA, jelang duel penentuan tiket ke semifinal ini.

Berikut Fakta-fakta Menarik Jelang Duel Madrid Vs Wolfsburg:

1.  Real Madrid telah menembus perempatfinal Liga Champions dalam enam musim terakhir, mereka memenangkan lima laga terakhir dan sembilan laga di 10 laga terakhir perempat final. Madrid berhasil memang sebanyak 26 kali dan kalah enam kali.

2. Rekor Madrid melawan tim asal Jerman di kompetisi Eropa adalah 12 kali menang dan 8 kali kalah. Rekor Madrid secara keseluruhan melawan klub Jerman adalah Menang 22, Imbang 10, dan kalah 23.

3. Ini adalah perempat final ketiga bagi Wolfsburg di kompetisi besar UEFA.  Ini adalah musim kedua bagi Wolfsburg bermain di Liga Champions setelah musim 2009-2010, dan ini adalah pertama kalinya mereka lolos ke fase knock out.

4.  Kekalahan Real Madrid dari Wolfsburg pada leg pertama, menghentikan enam kemenangan beruntun mereka di Liga Champions.

5. Madrid kalah di kandang sendiri dari klub Jerman ketika menjamu Schalke dengan skor 3-4. Kemenangan itu membuat Schalke mengakhiri rekor tak terkalahkan Madrid dalam 12 laga

6. Wolfsburg tidak pernah terlibat dalam drama adu penalti di kompetisi UEFA.

7. Real Madrid sudah 22 kali mampu membalikkan keadaan setelah kalah di leg pertama laga tandang.  Namun, Los Blancos juga pernah 16 kali gagal bangkit setelah kalah di laga away leg pertama.

8. Sebanyak lima kali secara beruntun Madrid tersingkir dari Liga Champions bila takluk di leg pertama.

9.  Pada Piala UEFA 1985/1986, Real Madrid mampu bangkit dari kekalahan 4-0 di leg pertama dari klub Jerman Borussia Moenchengladbach. Kala itu Madrid berhasil menang dengan skor telak 5-1. (ase)
 

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024