Dudek Ungkap Gaya Mourinho Memotivasi Pemain

Jose Mourinho (dua dari kiri) saat masih melatih Real Madrid.
Sumber :
  • MARCA

VIVA.co.id – Nama Jose Mourinho semakin ramai diperbincangkan dalam beberapa pekan terakhir. Terlebih sejak dia bersiap-siap menjadi pengganti Louis van Gaal di kursi manajer-pelatih Manchester United.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Mourinho dianggap sebagai manajer jaminan sukses. Pelatih asal Portugal tersebut berhasil membawa tim sekelas FC Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid meraih berbagai gelar juara.

Dan di balik sukses besarnya memimpin klub-klub elite, Mou ternyata memiliki strategi brilian dan pemahaman tentang sepakbola yang sangat baik. Itu diungkapkan mantan anak asuhnya di Madrid, Jerzy Dudek.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

"Saya langsung cepat belajar bagaimana Mou memiliki strategi yang brilian. Dia tidak hanya memberitahu kami soal taktik, tapi bagaimana jalannya laga," kata Dudek di buku otobiografinya berjudul “Big Pole In Our Goal.”

Dudek mencontohkannya ketika Madrid baru berlaga di awal musim dan bakal menghadapi lawan yang sangat tangguh di markas lawan. "Saya ingat dia berbicara di hadapan para pemain sebelum laga," kata Dudek.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

"Tim ini sangat berbahaya di kandang. Jika kita start lambat, mereka akan mencetak gol 1-0. Ini pasti akan membuat kita grogi. Jika ini terjadi, maka laga sudah pasti 'berakhir'," kata Dudek menirukan perkataan Mou.

"Tapi, jika kita langsung agresif, kita bisa cetak gol 1-0. Mereka pasti akan menyerang. Dan kita punya serangan balik terbaik di dunia, sehingga kita bisa cetak gol lagi 2-0. Lalu kita pertahankan keunggulan. Kita start dengan baik dan kita pun menang."

Seperti diketahui, Dudek pernah menjadi pemain asuhan Mourinho di Real Madrid pada musim 2011. Mantan kiper Liverpool itu menjadi pelapis kiper utama Los Blancos Iker Casillas.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya