Cahaya Matahari Akan Meredup

Pemandangan matahari terbit.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Para ahli memperkirakan cahaya matahari akan meredup dalam beberapa tahun ke depan. Diperkirakan fenomena ini bakal terjadi pada sekitar tahun 2050.

Anak dengan Lupus Tidak Boleh Terpapar Sinar Matahari, Mitos atau Fakta?

Seperti dilansir FOX, Jumat, 9 Februari 2018, para ahli menyebutkan, meredupnya cahaya matahari disebabkan kondisi matahari akan berada dalam posisi sangat dingin dalam siklus 11 tahun.

Selama siklus ini berlangsung, jantung dari sinar matahari seolah berhenti berdetak. Pada titik puncaknya, fusi nuklir di inti matahari memaksa putaran magnetik lebih tinggi ke atmosfer menjadi mendidih dan mengeluarkan radiasi ultraviolet lebih banyak dan menghasilkan bintik matahari dan lidah api.

Suka Lupa Re-apply Sunscreen di Cuaca Panas Ekstrem, Begini Cara Maudy Ayunda Jaga Kulit

Saat kondisi , permukaan matahari menjadi tenang. Ini mengeluarkan sedikit radiasi ultraviolet.

Saat ini para ilmuwan telah meneliti langit dan sejarah untuk membuktikan adanya siklus yang lebih besar di tengah siklus ini.

Maudy Ayunda Siap Menggebrak! Kejutan Spesial Menanti Penggemar Setia di Tahun Ini

Satu periode yang sangat dingin di abad ke-17 menjadi contoh dalam penelitian mereka. Seperti musim dingin yang terjadi antara tahun 1645 dan 1715.

Musim dingin yang dijuluki "Maunder Minimum" terjadi di Inggris, Sungai Thames membeku. Laut Baltik ditutupi oleh es . Begitu banyak sehingga tentara Swedia bisa melaju menyeberanginya untuk menyerang Denmark pada tahun 1658.

Tapi pendinginannya tidak sama. Pola cuaca yang berlainan menghangatkan cuaca Alaska dan Greenland.

Catatan ini digabungkan dengan 20 tahun data yang dikumpulkan oleh misi satelit Internasional Ultraviolet Explorer, serta pengamatan bintang terdekat yang serupa dengan matahari.

Lubin, fisikawan dari University of California San Diego telah menghitung perkiraan berapa banyak sinar matahari yang cahayanya ketika besarnya minimum berikutnya terjadi.

Studi timnya, "Ultraviolet Flux Turun di Bawah Minimum Grand dari IUE Pengamatan panjang gelombang pendek Analogi Matahari," telah dipublikasikan di jurnal Astrophysical Journal Letters .

Ini menemukan matahari cenderung menjadi 7 persen lebih dingin dari kondisi terendah biasanya. Dan grand minimum lainnya mungkin hanya beberapa dekade lagi, berdasarkan spiral pendinginan siklus matahari baru-baru ini.

Tenaga surya

Matahari yang tenang memiliki efek yang nyata pada planet-planetnya. Untuk Bumi, Lubin mengatakan pertama kali menipis lapisan ozon stratosfer.

Hal ini berdampak pada efek isolasi atmosfer, dengan efek arus termasuk perubahan besar pada pola angin dan cuaca. Tapi itu tidak akan menghentikan tren peringatan planet saat ini, Lubin memperingatkan.

"Efek pendinginan dari minimum-minimum hanya sebagian kecil dari efek pemanasan yang disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi karbon dioksida di atmosfer," sebuah pernyataan dari tim peneliti berbunyi.

"Setelah ratusan ribu tahun tingkat CO2 tidak pernah melebihi 300 bagian per juta di udara, konsentrasi gas rumah kaca sekarang lebih dari 400 bagian per juta, terus meningkat yang dimulai dengan Revolusi Industri."

Satu simulasi minimum besar pada iklim saat ini di Bumi mengantisipasi pengurangan pemanasan matahari sebesar 0,25 persen selama periode 50 tahun antara 2020 dan 2070.

Sementara suhu udara permukaan rata-rata global tampak dingin oleh "beberapa sepersepuluh derajat Celsius" di tahun-tahun awal, pengurangan ini dengan cepat disusul oleh tren yang terus meningkat.

"Besaran matahari minimum masa depan bisa melambat tapi tidak menghentikan pemanasan global," kata Lubin dalam studi tersebut

"Sekarang kita memiliki tolak ukur dari mana kita dapat melakukan simulasi model iklim yang lebih baik. Oleh karena itu kita dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang bagaimana perubahan radiasi UV matahari memengaruhi perubahan iklim," kata Lubin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya