Telkomsel Target Jaringan di Palu Pulih Total Secepatnya

Suasana bibir pantai Taman Ria yang rata usai diterjang tsunami di wilayah Talise, Palu Barat, Sulawesi Tengah, Minggu, 30 September 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Telkomsel menargetkan layanan komunikasi pasca gempa di Sulawesi Tengah bisa 100 persen aktif secepatnya. Sebelumnya, mereka berfokus pada titik krusial untuk mengembalikan akses komunikasi.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Target kita hari ini bisa 100 persen. Tapi yang kita fokuskan kemarin itu tujuh titik utama yang krusial. Bandara, pelabuhan, rumah sakit, kantor TNI, sama posko yang darurat itu sudah aktif per kemarin," kata Manager Media Relations Telkomsel, Singue Kilatmaka, di Jakarta, Senin, 1 Oktober 2018.

Hal tersebut ditujukan untuk memudahkan komunikasi, terutama relawan dan juga petugas yang ada di Sulawesi Tengah.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Dia menyatakan, secara fisik, tidak ada infrastruktur telekomunikasi (Base Transceiver Station/BTS) yang rusak. Namun, salah satu kendalanya adalah sempat terputusnya kabel fiber optik Telkom dan sudah diperbaiki.

"Karena begitu Telkom putus, kita switch ke radio. Bedanya kalau FO (fiber optic) kan pakai kabel, kalau radio pakai satelit saja," ujarnya.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Masalah lain adalah pasokan BBM bagi BTS. Satu-satunya jalan menggunakan jalur darat juga tidak bisa digunakan karena beberapa titik jalannya rusak.

Sampai saat ini, data mengenai BTS yang terdampak juga masih dikumpulkan oleh pihak Telkomsel.

"Karena bahasa terdampak itu, kemarin belum bisa rilis. Kita melihat, ada yang mati sebentar terus hidup lagi. Karena matinya bukan teknis dari kita," ujarnya.

Singue menyatakan, setiap BTS terdapat baterai yang mampu bertahan empat hingga enam jam. Setelah kejadian gempa, banyak BTS yang mati setelah empat jam.

Setelah bantuan genset datang, langsung diganti daya listrik. Namun juga masih dibingungkan untuk mengisi daya baterai utama.

Meski begitu, layanan SMS dan telepon sudah bisa digunakan. Sedangkan saat ini akan berfokus mengembalikan akses 4G mereka.

"Total BTS 3000an, rata-rata 4G minimal 3G, sudah bisa broadband," kata Singue.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya