Logo BBC

Ada Sisa Evolusi 250 Juta Tahun di Tubuh Manusia, Fotonya Mengagumkan

- Rui Diogo, Natalia Siomava and Yorick Gotton
- Rui Diogo, Natalia Siomava and Yorick Gotton
Sumber :
  • bbc

Janin-janin di rahim memiliki otot tambahan mirip kadal di tangan mereka yang sebagian besar akan hilang sebelum bayi-bayi ini dilahirkan, itulah yang terungkap dalam pemindaian medis.

Kondisi ini kemungkinan adalah salah satu sisa evolusi yang tertua, meskipun hanya muncul pada masa yang singkat pada rahim, tulis para ahli biologi di jurnal .

Otot yang telah berumur 250 juta tahun ini merupakan peninggalan yang masih ada saat reptil bertransisi menjadi mamalia.

Masih belum jelas mengapa elemen ini masih ada di tubuh janin dan kemudian hilang sebelum bayi dilahirkan.

Pakar biologi mengatakan langkah pertumbuhan ini kemungkinan yang membuat ibu jari dextrous atau lebih terampil. Ibu jari, berbeda dengan jari-jari lainnya, memiliki otot tambahan.

Kadang-kadang ditemukan anak-anak atau orang dewasa yang memiliki jari tambahan dan otot tangan, tetapi tidak pernah keseluruhan otot-otot tangan dapat dilihat ahli biologi saat mereka mengamati pemindaian 3D embrio dan janin pada usia kehamilan tujuh sampai 13 minggu.

Jika otot tambahan ini bertahan, maka seringkali ini dikaitkan dengan kecacatan anggota tubuh. Para biolog mengatakan temuan mereka, pada 15 janin yang sedang tumbuh, kemungkinan dapat membantu menjelaskan cacat lahir seperti ini.