Ahli: Bumi Berputar Lebih Cepat, Hari Makin Pendek

Ilustrasi bumi
Ilustrasi bumi
Sumber :
  • Pixabay/Steven Goddard

VIVA Tekno – Pengetahuan umum, Bumi biasanya berputar selama 24 jam tepat, yang mana artinya adalah satu hari. Namun, ternyata ada kejadian "aneh" yang terjadi pada perputaran bumi. Melansir dari Time and Date, bumi berputar lebih cepat pada 29 Juni dan 26 Juli 2022 lalu.

Bumi berputar lebih cepat sebanyak 1,59 milidetik atau kurang dari 24 jam pada 29 Juni 2022 lalu. Pengukuran baru oleh Laboratorium Fisika Nasional Inggris menunjukkan bahwa Bumi saat ini berputar lebih cepat daripada setengah abad yang lalu.

Ilmuwan menggunakan jam atom untuk mengukur kecepatan rotasi Bumi ini. Menurut ilmuwan, fenomena ini menjadi hal baru dalam serangkaian rekor kecepatan Bumi sejak 1960 dan 2020. 

Lalu, apa sebenarnya penyebab yang membuat hari makin pendek ini?

Ilustrasi Bumi.

Ilustrasi Bumi.

Photo :
  • U-Report

Seperti diketahui, Bumi berputar atau berotasi sekali setiap 24 jam yang mengakibatkan ada siang dan malam. Namun, dalam jangka waktu yang lama, putaran Bumi melambat. 

Setiap 100 tahun, Bumi membutuhkan beberapa milidetik atau lebih untuk menyelesaikan satu putaran, di mana 1 milidetik sama dengan 0,001 detik. Dalam pola ini, kecepatan putaran Bumi berfluktuasi. Dari satu hari ke hari berikutnya, waktu yang Bumi butuhkan untuk menyelesaikan satu putaran naik atau turun sepersekian milidetik.