270 Blogger 'Sharing Online Lan Offline'

Sharing blogger
Sumber :
  • bidandesa.com

VIVAnews - Dua hari-Sabtu Minggu, 5-6 Juni 2010, kota Solo menjadi tuan rumah pertemuan komunitas Blogger. Sedikitnya 280 bogger dari 22 komunitas berbagai kota di Indonesia berkumpul menggelar acara bertema Sharing Online Lan Offline (SOLO).

Selama dua hari, mereka  bertukar pikiran meningkatkan nilai tambah, mencari solusi, bertukar ide, pengalaman hingga menelorkan komunike bersama menghadapi tantangan perkembangan dunia online mendatang.

"Jumlah peserta di luar dugaan. Dua kali lipat dari target awal.  Kami senang bisa mendatangkan para pegiat blog dari berbagai kota," kata Blontank Purwoko, sekretaris acara sharing blogger Solo,  Minggu 6 Juni 2010.

Kesempatan bertemu dimanfaatkan para blogger untuk diskusi, menimba ilmu dari pakar hingga mencari jalan keluar atas kendala yang mereka hadapi.Termasuk sharing pengalaman blogger sukses. 

Setyo Nursidman, ketua panitia sharing Blogger Solo mengungkapkan, sedikitnya ada dua kategori blogger. Pertama mereka yang membuat blog untuk menuangkan gagasan, pikiran dan pengalaman hingga curhat. Kategori kedua, blogger yang menjadikan media ini untuk branding atas berbagai produk kreatif mereka.

Bagi mereka yang menjadikan blog sebagai wadah menuangkan gagasan, sejumlah kendala menghadang. Indra dari Komunitas Blogger Lumpia Semarang mengungkapkan kesulitan saat update tulisan."Ide sering macet. Makanya saya belajar ke para senior yang aktif update blog," katanya.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Takdir blogger Angingmamiri Makassar juga mengaku kesulitan untuk konsisten update konten. "Soal penulisan sering macet. Teknik menulis saya masih minim. Makanya konten blog saya sedikit," kata Takdir.

Kendala berbeda dialami blogger yang berorientasi branding. Menurut Setyo yang aktif di Komunitas Blogger Bengawan, blogger yang berorientasi bisnis UKM atau membuat blog untuk branding memeiliki kelemahan juga. "Biasanya mereka lemah di Bahasa Inggris," katanya.

Paman Tyo, blogger senior mencoba mencarikan jalan keluar dengan sharing pengalamannya menulis di blognya. "Ngebloglah saat gembira. Saat suasana senang. Melakukan sesuatu saat suasana  senang akan lebih mudah," katanya.

Panitia sharing blogger Solo, selain mengajak blogger bertukar pengalaman dan menimba ilmu dari para sumber senior, juga diajak untuk melihat wisata di solo.

Seperti Minggu siang, panitia dari komunitas blogger Bengawan Solo, menfasilitasi para peserta untuk melihat proses pembuatan batik di Laweyan, susur  Sungai  Bengawan Solo dengan perahu karet, proses pembuatan wayang dan keris di Alun-Alun. "Kita harapkan mereka bisa menulis dari acara ini, dan memasarkan eksotika Solo," kata  Ketua Setyo Nursidman.

Komunitas blogger yang datang antara lain Komunitas Blogger Angingmamiri, Makasar, Banyumas Blogger, Beblog (Bekasi Blogger), Deblogger (Depok), Komunitas Blogger Mojokerto, Komunitas Blogger Lumpia Semarang, Komunitas Malhikdua Semarang, Maluku Blogger Community, Komunitas Blogger Ngawi, Komunitas Blogger Pendekar Tidar Magelang, Komunitas Blogger Plat M, Sampang Madura,  Komunitas Langsat dan Komunitas Blogger Bunderan HI Jakarta, Himatika ISTP, Komunitas Blogger Cah Andong Jogja, Komunitas Blogger Warok Ponorogo, Komunitas Blog Bogor, Komunitas Bertuah Pekanbaru, Mojokerto, Batam dan lain-lain.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024